(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pentingnya siswa memahami pembelajaran tentang past experince

Admin disdikpora | 16 Juli 2021 | 1513 kali

Diterbitkan : 11 Juli 2021 19:21
Sumber : Zainuddin Guru MAN 1 Kota Palu
Penulis : ZAINUDDIN
RPP Terkait : Past Experience
Jenjang : SMA/MA
Kelas : 10
Mapel : Bahasa Inggris

Pada era pandemic Covid 19 ini mau tidak mau proses belajar lewat e-learning/daring. Salah satu materi yang kami sampaikan pada siswa di madrasah kami melalui pembelajaran bahasa Inggris adalah materi tentang past experience. Kegiatan yang dapat diceritakan kembali oleh siswa diantaranya meliputi:

  1. Cerita tentang Kegiatan tentang pengalaman siswa selama covid 19
  2. Contoh Paragraf Bercerita Pengalaman keluarga masing siswa
  3. Contoh Paragraf Masa Lalu tentang Pengalaman yang paling berkesan
  4. Contoh Paragraf menggunakan Simple Past Tense dan present perfect

 

Namun dalam hal ini dalam kegiatan belajar melalui jaringan internet masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru dalam menyajikan materi berhubung karena tidak semua siswa dapat mengakses internet sebagaimana yang diharapkan dalam proses belajar mengajar.

Meskipun hal ini tidak bisa dihindari karena situasi yang terpaksa harus dijalani meskipun tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. mungkin hal ini terjadi karena kebanyakan siswa belum memiliki fasilitas telepon genggam yang memadai dan biasa terkandala dari kuota data tidak tersedia. meskipun demikian halnya sebagian kecil siswa dapat mengakses pelajaran dengan baik melalui jaringan. Untuk kelancaran proses dengan harapan semua siswa dapat mengakses pelajaran tentunya harus ada keterlibatan pemerintah untuk menyediakan sarana yang mendukung terlaksananya pembelajaran lewat online. Masalah siswa ini dapat diketahui setiap pembelajaran guru mengingatkan melalui whassap group tiap tiap kelas untuk mengikuti pelajaran, tapi biasanya siswa menjawab tidak bisa karena tidak punya kuota data. Meskipun demikian hal itu terjadi, tapi masih ada siswa yang dapat melakukan pembelalajaran dengan aktif, bahkan sebagian siswa dapat membuat cerita tentang pengalaman sendiri apa yang ditugaskan. Bahkan mereka dapat membuat contoh kalimat simple past dan present perfect tense. biasanya siswa membuat kalimat dalam paragraf menggunakan kalimat Simple Past Tense. Mungkin ada Past Perfect Tense atau Past Continuous di sana. hal ini bisa terjadi. itu dibiarkan saja supaya, ceritanya mengalir. Tapi tetap saja sebagian besar kalimat adalah Simple Past Tense.

Masih ingatkan tentang Simple Past Tense dan present perfect? Itu kalimat yang ditandai dengan penggunaan kata kerja verb 2, kata bantu Did atau to be Was/Were. serta penggunaan have+Verb3 begitu salah satu cara saya mengingatkan siswa dalam pembelajaran daring.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pentingnya-siswa-memahami-pembelajaran-tentang-past-experince/