(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Menyatu dengan Alam dan Berbagai Manfaatnya Bagi Anak

Admin disdikpora | 24 Februari 2022 | 1812 kali

Menyatu dengan Alam dan Berbagai Manfaatnya Bagi Anak
PAUDPEDIA-- Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, konsentrasi anak usia dini sangatlah pendek, mereka tidak akan tahan lama jika pembelajaran yang diberikan hanya menuntun untuk duduk diam di kursi. Di tambah lagi karena memang kharakteristik perkembangannya saat itu salah satunya yaitu “aktif bergerak”. Maka tak heran jika pembelajaran yang paling digemari biasanya adalah pembelajaran yang banyak melibatkan aktivitas fisiknya.

Untuk mendukung hal itu, yang dapat kita lakukan diantaranya dengan membiarkan mereka bermain dan belajar di alam. Bermain di alam dalam konteks pengaturan alami di mana ia dapat berimajinasi dan merefleksikan atau mengevaluasi aktivitasnya sendiri merupakan suatu hal yang bermakna bagi tumbuh kembang anak usia dini. Namun tentu saja tetap dalam pengawasan orang dewasa. Oleh karena itu, berikanlah anak kesempatan untuk terlibat aktivitas bermain yang tidak terstruktur di luar ruangan, di mana elemen elemen-elemen alami lebih menonjol, seperti batu, dan air, pepohonan, bunga, kebun sayur dan lain sebagainya yang  berbeda dengan peralatan bermain konvensional yang diproduksi oleh pabrik.

Lebih jelasnya mari kita bahas beberapa manfaat bermain di alam untuk anak usia dini berikut ini:

1. Membentuk sikap dan perilaku pro-lingkungan. Anak-anak yang terbiasa bermain di alam akan memiliki pemahaman tentang hubungan manusia dan alam beserta keragaman yang terdapat di dalamnya dan bagaimana ia menjaga alam tersebut agar tidak rusak.

2. Menstimulasi perkembangan kognitif dan fisik. Kemampuan berpiir kreatif dapat berkembang dengan baik pada anak-anak yang menghabiskan sebagian besar hari mereka di alam. Ketika anak-anak diizinkan untuk bergerak bebas di luar mereka dapat menyalurkan imajinasinya dengan baik, misalkan bermain menggunakan tongkat. Anak dapat melempar tongkat tersebut, mengangkatnya dan lain sebagainya, berbeda halnya jika tongkat ini digunakan dalam ruangan, mungkin pergerakan yang dilakukan saat menggunakan tongkat sangatlah terbatas karena ada hambatan dari benda-benda yang perlu di jaga seperti kaca yang mudah pecah, ruangan yang terbatas dan berbagai kendala lainnya. Artinya anak-anak yang terlibat dalam permainan alam, mereka bergerak dengan cara yang berbeda sesuai jenis permainannya.

3. Menjaga keseimbangan ratio area bermain dan jumlah anak, bermain di alam dipercaya mampu mengurangi konflik antara anak-anak karena sumber daya dan area bermain menjadi lebih banyak. Misalnya, saat bermain di luar mereka tak lagi berebut tempat atau mainan.

4. Meningkatkan kemampuan sosialisasi dan meningkatkan kesehatan mental, anak-anak yang berada di alam bebas akan lebih leluasa saat bermain, apalagi saat covid seperti sekarang ini, mereka dapat saling mengingatkan untuk menjaga jarak sambil bermain. Selain itu bermain bebas di alam juga dapat mengurangi stres dan kebosanan anak yang sering ada di dalam ruangan.

5. Menstimulasi sensory, saat anak-anak bereksplorasi dengan berbagai bahan alam seperti pasir, air, kerikil, tanah liat yang ada di sekitar mereka atau bahkan mencoba menginjakkan kakinya ke pasir/tanah, maka hal itu dapat mengembangkan/menstimulasi sensorynya. Saat itu ia bisa merasakan tekstur kasar-halus dan keras-lunaknya suatu benda.

Lebih lanjut saat anak-anak berada di lingkungan terbuka maka indera pendengaran, penglihatan dan penciuman juga dapat dikembangkan dengan baik. Mengapa demikian? Karena di alam bebas mereka akan menemukan berbagai hal baru yang pertama kali dilihat ataupun didengar. Misalkan menemukan suatu serangga kemudian mereka mengamatinya.

Begitupun dengan indera penciuman, misalkan saat di taman, bisa saja mereka mengidentifikasi berbagai bau bunga yang mereka temukan. Pun tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan indera perasa mereka, misalnya dengan eksplorasi rasa buah yang ditemukan saat bermain.  Oleh sebab itu ayah bunda sebaiknya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendukung aktivitas sensory ini, karena hal ini bagian dari perkembangan otak mereka yang juga akan membantu kemampuan kogitif atau kemampuan berfikirnya.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD walaupun bermain di alam ini memberikan banyak manfaat untuk anak-anak kita, namun kita tetap harus waspada untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan. Maka berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membawa anak bermain ke luar:

1. Memakai pakaian luar yang sesuai, bermain di luar ruangan saat mereka menyatu dengan alam, tentu mereka akan kotor-kotoran, seperti bermain lumpur, air, memegang tanah, kerikil dll. Artinya apa? orang tua dan guru harus menyiapkan pakaian berbeda dengan yang mereka pakai saat di dalam ruangan. Mereka tak lagi cocok mengenakan pakaian yang berwarna putih atau terang. Selain itu pakainnya juga harus mendukung untuk bergerak bebas, seperti mengenakan celana training dan sepatu yang aman, nyaman untuk berlari.

2. Akses ke area bermain, sebelum bermain guru perlu mempertimbangkan akses menuju ke sana. Jika di sekolah tersedia perkarangan yang luas, maka perkarangan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai area bermain. Tetapi jika ingin membawa anak ke suatu tempat, misalkan ke sawah, taman, pantai maka keamanan dan kenyamanan akses menuju kesana perlu disiapkan dengan matang

3. Keamanan dan kenyaman area bermain, keamanan area bermain adalah hal mutlak yang harus diperhatikan agar tidak ada anak yang cidera atau terluka saat bermain. Pastikan tidak ada benda-benda tajam yang dapat melukai ataupun tempat-tempat yang berbahaya saat mereka injak.

 

Penulis : Ifina Trimuliana

Kurator : Dona Paramita

 

Referensi

Carr, V., Editor, S. I., Elliott, S., Editor, S. I., Ärlemalm-hagsér, E., & Editor, S. I. (2020). Rethinking Play in Nature?: Embracing Early Childhood Education for Sustainability. 9(1), 5–10.

Chaney, A. J. (2021). Effects of Nature Play in Early Childhood Education. https://scholarworks.gvsu.edu/gradprojects/50/%0Ahttps://scholarworks.gvsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1054&context=gradprojects

firstfiveyears.2020. The benefits of nature play for children. https://www.firstfiveyears.org.au/early-learning/the-benefits-of-nature-play-for-children