PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, seiring dengan meningkatnya peran teknologi dalam kehidupan anak-anak, maka saat ini dibutuhkan suatu keterampilan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi atau yang dikenal sebagai literasi digital.
Tugas kita selanjutnya adalah, perlu membangun kemampuan anak terkait dengan literasi digital seperti halnya berikut ini:
Dengan memiliki kemampuan di atas diharapkan dapat membantu beberapa hal sebagaimana di bawah ini:
Lalu, kapan literasi digital dapat dikenalkan kepada anak usia dini? Ayah bunda perlu cerdas dalam hal ini, jangan terlalu dini memberikan gawai kepada buah hatinya karena hal itu tentu saja tidak baik untuk tumbuh kembang mereka. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini:
Literasi digital perlu dikenalkan kepada anak usia dini karena anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, termasuk terhadap gawai. Gawai memiliki fitur-fitur yang memicu tantangan sekaligus keceriaan bagi anak. Gambar, lagu, gim, dan film dengan suara dan warna menarik menawarkan pengalaman bermain yang berbeda bagi anak. Selain itu, melarang atau menjauhkan anak dari gawai dikhawatirkan justru akan membuat rasa penasaran anak semakin tinggi. Sedangkan mengenalkan anak tentang kapan dan bagaimana menggunakan gawai justru akan membantu anak untuk menggunakan gawai secara aman. Perlu adanya keterlibatan orang tua dalam literasi digital sehat untuk anak melalui pendampingan, sehingga Ketika digunakan dengan tepat, perangkat digital menjadi alat untuk membantu anak belajar sehingga mendukung perkembangan mereka.
Penulis : Ifina Trimuliana
Kurator : Retno Wulandari
Referensi
Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2020). Enhancing Storytelling Activities to Support Early (Digital) Literacy Development in Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(1), 55–76. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00263-7
Pendidikan, D., Usia, A., Paud, D. J., Dasar, P., Menengah, D. A. N. P., Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2020). TOOLKIT DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN.