(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pembelajaran Inovatif Mengunakan Komik

Admin disdikpora | 20 April 2022 | 377 kali

Dewasa ini pembelajaran mengunakan seperti media digital menjadi suatu keharusan. Pandemi covid-19 ini membuat akselerasi teknologi media digital menjadi lebih cepat. Pandemi Covid – 19 membuat siswa menjadi lebih mudah jenuh dengan pembelajaran yang monoton karena tidak bisa tatap muka serta berinteraksi langsung. Medesai produk digital untuk pembelajaran juga bisa menjadi variasi lain dalam pembelajaran, membuat media digital sebagai media pemeblajaran juga menjadi halangan bagi guru. Guru dapat mendesain media pembelajaran mengunakan aplikasi canva. Canva memberi peluang guru untuk meningkatkan kreativitasnya dalam mendesain media pembelajaran. Salah satu yang kami lakukan adalah mengunakan canva  untuk membuat komik sebagai salah satu media pembelajaran yang kami gunakan ketika PJJ. 

Komik menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Komik membuat siswa lebih mudah menginterpretasikan topik pembelajaran yang berhubungan dengan percakapan. Guru memberikan materi berkaitan dengan “Greeting and Leave Taking”  yang lebih banyak mengarah pada percakapan secara langsung atau siswa mempraktekan pembelajaran tersebut. Dengan mendia komik, siswa menjadi lebih paham dengan konteks percakapan yang diberikan. Pembelajaran dengan komik juga dapat mengembangkan kompetensi pada ranah kognitif, tetapi juga dapat mengarah pada ranah afektif dan psikomotorik. Komik juga dapat membatu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, siswa akan lebih semangat membaca nateri yang diberikan guru dalam bentuk komik dari pada catatan konvesional. 

Siswa antusia dengan pembelajaran yang diberikan, karena mereka bisa mengeksplorasi penegtahuan mereka meskipun sebagain besar dari mereka belum pernah mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris sebelumnya ketika di Sekolah Dasar. Pembelajaran dengan komik kami berikan pada awal tahun ajaran baru 2021/2022 pada Bulan Agustus setelah siswa melaksanakan masa Pengenalan Sekolah untuk Peserta Didik Baru. Pembelajaran dengan komik ini kami gunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dimana kami minta mereka untuk membaca dialog yang ada, kami minta 2 orang siswa yang tergabung dalam meeting untuk bermain peran sesuai dengan dialog yang ada didalam komik. Selain itu kami meminta beberapa siswa untuk mengeksploarsi kemampuan mereka mengembangkan kalimat bedasarkan komik yang belum ada dialognya untuk mengisi. 

Pemeblajaran dengan komik ini membuat anak menjadi lebih semangat belajar seperti yang dikatakan oleh Oktavia dari kelas 7C “Pembelajaran dengan komik membuat lebih paham dan mengerti. asik dan menarik.” Oktavia juga memberi saran untuk kedepanya berkaitan dengan pembelajaran mengunakan komik “Pemakaian warna kalau bisa lebih banyak agar tidak mati warna. Selainya menurut saya tidak ada.” Ada juga Pendapat dari Rachel siswa kelas 7B “Saya menjadi lebih senang pelajaran Bahasa Inggris, apalagi pemeblajaran tentang greeting yang mengunakan komik, lebih menyenangkan dan asik.”

Pembelajaran dengan komik mukin sudah biasa untuk beberapa guru, tetapi bagi kami ini merupakan hal baru apaagi diterapkan pada masa pandemi seperti saat ini. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 membuat guru untuk lebih kreatif agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran selain itu siswa juga dapat mengeskplorasi kemampuan dalam dirinya. Semoga Pratik Baik yang kami bagikan ini juga dapat bermanfaat bagi guru lain. 

Diterbitkan:13 April 2022 11:07
Sumber:Maria Iska Danu Asri
Penulis:MARIA ISKA DANU ASRI
RPP Terkait:RPP -Greeting and Leave Taking