(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pembelajaran PPKn menggunakan aplikasi Jamboard dan Padlet.

Admin disdikpora | 03 Mei 2021 | 504 kali

Sumber : globalsurya.sch.id; Fitri Yani
Penulis : Fitri Yani
RPP Terkait : RPP PPKN KELAS VIII SEMESTER II
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 8
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN)

Awal tahun 2021 ini, pembelajaran daring kembali di mulai. Guru-guru kembali memutar otak untuk menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan. Untuk pembelajaran PPKn, saya telah membuat video pembelajaran dan bisa diakses siswa melalui akun YouTube. Tapi tak hanya sampai di situ, jika hanya menyajikan video pembelajaran tanpa ada media pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka saya membuat beberapa alternatif. 

Alternatif yang pertama adalah, saya mengajak siswa belajar menggunakan virtual meeting dengan Google Meet. Di sana saya menyapa siswa dan menanyakan perasaan mereka mengikuti pembelajaran daring hari itu. Saya membuat kesepakatan kelas selama pembelajaran daring berlangsung. 

Langkah selanjutnya, saya menjelaskan apa yang akan dipelajari siswa dan apa yang akan mereka lakukan hari itu. Saya menampilkan video pembelajaran melalui akun YouTube. Setelah itu, saya meminta siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pahami melalui stiky note di Jamboard. Respon siswa sangat bersemangat. Mereka berlomba-lomba menuliskan stiky note sebanyak-banyaknya di Jamboard. Setelah selesai, saya meminta mereka membacakan apa yang telah mereka tulis dan menanyakan perasaan mereka mengikuti pelajaran hari itu. Pembelajaran ditutup dengan refleksi dan siswa-siswa menyampaikan bahwa mereka menyukai pembelajaran yang interaktif. 

Pada pertemuan yang kedua. Saya kembali mengajak siswa belajar menggunakan Google Meet. Kelas dibuka dengan saling sapa dan menanyakan kabar mereka hari itu. Saya mencoba memberikan ice breaking berupa game yang telah saya persiapkan sebelumnya di aplikasi Kahoot!. Setelah bermain game, siswa menyimak materi hari itu melalui video pembelajaran yang telah saya unggah di akun YouTube. Sepanjang pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami. 

Kegiatan selanjutnya, saya membagikan link Padlet dan meminta siswa menuliskan materi yang telah mereka pelajari dan pahami. Di aplikasi Padlet ini, siswa tidak hanya bisa menulis dalam bentuk narasi, tetapi juga bisa menyertakan voice note, video, gambar dan link. Aplikasi Padlet ini menurut saya sangat interaktif dan membuat siswa tertantang untuk belajar. Saya meminta mereka secara bergantian mempresentasikannya hasil kreativitas mereka di Padlet. Di akhir pembelajaran saya meminta siswa-siswi memberikan refleksi pembelajaran. Mereka menceritakan perasaan mereka belajar hari itu dan menyampaikan hal baru yang mereka pelajari.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-ppkn-menggunakan-aplikasi-jamboard-dan-padlet/