(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Berbagi, Membaca, dan Menulis

Admin disdikpora | 07 Juli 2022 | 119 kali

Diterbitkan:4 Juli 2022 19:41
Sumber:Ahmad Kamara,S.Ag
Penulis:Ahmad Kamara

BERBAGI, MEMBACA DAN MENULIS

Penulis : Ahmad Kamara, S.Ag. Guru SMP Negeri 3 Kusan Hilir

Alamat : Jl. AR. Hakim Komplek Nugroho RT.06 Desa Pasar Baru Kusan Hilir Kab.Tanah Bumbu Kalimatan Selatan.

Di masa kini, berbagi merupakan hal yangat penting untuk mendapatkan informasi yang benar untuk disampaikan kepada keluarga dan masyarakat. Terkadang beberapa berita tidak benar dan banyak sekali kebohongannya. Untuk menghindari hal itu, sangat perlu belajar dan berbagi setiap hari dengan sesama agar kita dapat mengetahui mana yang benar dan tidak benar.

Membaca di saat ini perlu dikerjakan setiap hari. Hari ini kita membaca, besok memerlukan informasi terbaru yang banyaknya luar biasa jika dibaca. Setiap hari harus membaca dengan jadwal tertentu karena banyak sekali informasi yang harus dibaca. Jika tidak membaca, tertinggallah kita dengan informasi baru. Minat membaca pada siswa perlu ditingkatkan melalui perkembangan teknologi agar siswa bisa merasa tertantang di era ini dan pengetahuan yang begitu deras bisa mereka dapatkan melalui informasi-informasi yang tersedia. Mungkinkah siswa mampu mengikutinya, sebab hal ini merupakan tantangan di masa kini.

Menulis harus dilatih dengan baik, walaupun teknologi sekarang kurang perhatian terhadap menulis. Kebiasaan menulis dengan pulpen sudah mulai terhapus karena semakin berkembangnya teknologi. Itulah teknologi masa menuntut, kita sebagai pembimbing harus menerima kenyataan sekarang anak dibawah umur 3 tahun sudah mampu menggunakan teknologi. Kita hanya mengarahkan dan membimbing mereka ke arah yang lebih baik agar mereka tidak terlalu dipengaruhi teknologi. Inilah perubahan zaman yang harus diterima oleh pendidik masa sekarang yang berbeda dengan waktu masih kuliah yang banyak menggunakan kegiatan manual. Namun sekarang, teknologi sudah sangat canggih dan jika kita tidak mengikuti perkembangan zaman kita akan tertinggal jauh dan akan kesulitan untuk memahami banyak hal.

Sebagai akhir dari berbagi, membaca, dan menulis saling keterkaitan satu sama lainnya, karena itu selalu belajar dan membaca masa sekarang harus cepat dengan informasi baru, jika tidak akan tertinggal dengan era ini.