(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kegiatan Bermain PAUD Selama Daring di Rumah

Admin disdikpora | 03 Agustus 2021 | 1045 kali

Diterbitkan : 18 Desember 2020 11:43
Sumber : EVI CHRISTIN
Penulis : Evi Christin
Jenis Kontributor : PPG
RPP Terkait : RPP BDR TK B PLANTS/FRUITS/APPLE
Jenjang : PAUD/TK/RA
Kelas : PAUD
Mapel : Tematik

Masa Pandemi (Covid 19) saat ini memberikan dampak kepada seluruh elemen. Begitu juga pada dunia pendidikan. Masa pandemi ini menjadikan pelaksanaan pendidikan berubah drastis secara tiba-tiba dan dalam waktu yang cukup lama. Dulu anak dapat bertemu dengan teman dan guru setiap hari, dapat bermain bersama, bersosialisi, dan berinteraksi berubah menjadi tidak dapat bertemu sama sekali, dan harus melaksanakan pembelajaran dari rumah.

 

Kondisi ini tentunya menjadikan berbagai reaksi dan aksi dari murid maupun guru. Murid yang biasanya ada di sekolah setiap hari, memakai seragam dan sepatu, sekarang harus melihat teman dan guru secara virtual. Guru yang biasanya menyiapkan alat dan bahan setiap hari untuk dapat diberikan kepada anak, harus dapat memutar otak untuk menyusun berbagai aktivitas yang tepat dan sesuai dilaksanakan dari rumah. Karena pada saat ini orangtua harus berperan dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru harus mencari cara efektif dalam melaksanakan pembelajarannya, melalui berbagai aplikasi daring, wa grup, zoom, google meet, dan lain-lain. Guru menyusun berbagai kegiatan secara mingguan kemudian mengirimkan kepada guru dengan memberikan berbagai rincian kegiatan, cara bermain dan juga tujuan dari pelaksanaan kegiatan bermain.

 

Dalam menyusun kegiatan bermain anak, haruslah dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah, kondisi keluarga, sosial, ekonomi dan juga lingkungan tempat tinggal. Hal ini ditujukan supaya setiap kegiatan yang diberikan dapatlah dilaksanakan dengan mudah dan tepat sasaran.

Kegiatan yang dapat dilaksanakan selama pandemi ini adalah kegiatan-kegiatan yang menunjukkan life skill dan juga kreativitas anak. Salah satu yang dapat diberikan pada anak usia dini saat belajar dari rumah dengan tema plants (tumbuhan), sub tema fruits (buah-buahan), sub sub tema apple (apel) adalah membuat jus apel dan membuat kolase apel dari kertas-kertas yang dimiliki di rumah.

 

Anak akan bereksplorasi dengan dirinya dalam membuat jus apel. Anak menggunakan teknologi sederhana yaitu blender dan pisau dengan mengetahui fungsi dan pemanfaatannya. Dalam pelaksanaan membuat jus apel, anak sangat enjoy dengan kegiatannya dengan merasa heran dan kagum dengan penggunaan blender untuk membuat jus. Anak dapat menyebutkan rasa jus apel dengan diberi gula dan juga perubahan wujud dari apel.

 

Pada saat kegiatan membuat kolase apel, anak dapat menggunakan berbagai bahan kertas yang dimiliki. Kemudian anak dapat mengkreasikan menjadi suatu karya baru yang menarik dan juga indah. Dengan demikian kreativitas anak akan semakin terasah.

Dengan pemberian contoh kegiatan bermain ini menunjukkan bahwa anak sangat senang dan antusias mengikuti pembelajaran hari itu. Dengan bantuan orangtua semua kegiatan anak dapat terdokumentasikan. Sangat senang melihat respon dari anak-anak dan orangtua yang mau bekerjasama.

 

Pandemi ini belum berakhir. Dan pembelajaran dari rumah pun masih berjalan. Oleh karena itu pembelajaran dari rumah perlu kita susun dengan sebaik mungkin, menyenangkan dan aplikabel. Apa yang akan diberikan ke anak tentulah harus memberikan pengalaman-pengalaman kepada anak. Mari kita ciptakan pembelajaran yang dapat membuat anak bersemangat belajar dari rumah.  

Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/kegiatan-bermain-aud-selama-daring-di-rumah/