(0362) 22442 disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
PERHATIAN GURU DALAM PERKEMBANGAN SEORANG SISWA
Admin disdikpora | 11 Agustus 2021 | Dibaca 34 kali

Diterbitkan : 26 Juli 2021 07:35
Sumber : Dari artikel Gurusiana
Penulis : SAMSUDIN SIMATUPANG,SPd

Perkembangan seorang siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor  yaitu perhatian dan bimbingan orang tua, perhatian dan bimbingan guru, pergaulan dengan teman, dan lingkungannya. Faktor-faktor tersebut akan membentuk karakter dan perkembangan psykhologi seorang siswa. Perubahan yang terjadi pada diri siswa tersebut bisa bernilai positif dan bisa bernilai negatif, tergantung pengaruh mana yang dominan. 

Hal inilah yang perlu disikapi oleh semua pihak yang mempengaruhi siswa tersebut khususnya guru dalam kegiatan di sekolah. Bagaimana para guru bisa memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik sehingga mereka bisa mendapatkan perubahan positif.

Perhatian anak selama di sekolah tertumpu pada guru dan temannya. Selama di sekolahan anak akan meniru perilaku teman, guru, dan orang orang yang ada di sekitarnya. Di sinilah pentingnya para guru membangun kehidupan yang edukatif dan penanaman nilai-nilai sehingga di lingkungan sekolah terbentuk contoh perilaku, sikap, ucapan dan hubungan sosial yang baik. 

Aktifitas siswa menjadi perhatian guru sehingga dapat membimbingnya ke arah yang lebih baik dan membentuk prilaku dan karakter baik pula.

Seorang siswa akan lebih memperhatian kegiatan belajar mengajar di kelas karena bimbingan guru yang mengarah pembentukan karakter anak. Siswa tersebut akan tumbuh minat belajarnya dengan motivasi yang diberikan oleh guru dengan mengutamakan pembentukan akhlak mulia dan diimbangi dengan kemajuan intelegensinya.

Hal inilah yang perlu menjadi perhatian guru, jangan sampai kegagalan seorang guru tehadap pembentukan karakter siswa menjadi sebuah penyesalan tanpa berusaha dengan baik untuk membimbing siswa kearah yang positif baik kemampuan intelegensi maupun karakternya.

Perhatian dan bimbingan guru dapat memotivasi seorang siswa dalam belajar melalui program PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) pada masa sekarang ini. Dan juga mendapat perhatian pula dari orang tua mengawasi dan membimbingnya dengan baik.

Semoga guru diberikan kesabaran dalam membimbing dan mengarahkan siswanya untuk membentuk karakter dan kemampuan intelegensinya dengan baik. Semoga guru dan orang tua dapat membantu perkembangan anak didiknya dengan baik dan memperoleh hasil yang terbaik pula.

Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/perhatian-guru-dalam-perkembangan-seorang-siswa/

Share Berita Ini :


Berita Terpopuler