PAUDPEDIA — Ayah, Bunda dan Sobat PAUD literasi sains merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai pada abad ke 21. Literasi sains pada anak usia dini adalah sebuah kemampuan dalam mengenal, menyadari, dan peduli terhadap peristiwa di lingkungan sekitarnya. Melalui peristiwa tersebut, anak dapat belajar tentang sebab akibat, saling ketergantungan suatu peristiwa, yang dapat berpengaruh secara positif maupun negatif sehingga anak mampu menghargai serta menjaga bumi dan lingkungan bahkan memecahkan masalah di lingkungannya.
Pengembangan literasi sains di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dapat diterapkan melalui kegiatan sains yang terintegrasi dengan tema-tema yang dekat dengan anak. Kegiatan sains pada anak usia dini ditekankan kepada proses. Proses sains yang ramah untuk anak usia dini adalah dengan memberikan pengalaman nyata yang menantang sehingga memfasilitasi rasa ingin tahu anak dengan menyuguhkan pembelajaran yang interaktif, variatif, dan menyenangkan.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode pembelajaran aktif, yang menggunakan kegiatan percobaan dan media-media yang menekankan pada pembentukan kemampuan proses berpikir pada anak. Metode eksperimen dilakukan dengan menggunakan benda-benda dari lingkungan terdekat anak. Dikemas dalam suasana bermain yang menyenangkan sehingga menarik minat anak untuk melakukan percobaan.
Tujuan dari kegiatan eksperimen untuk anak usia dini yaitu mengoptimalkan penggunaan kelima panca indera, memberi kesempatan bereksplorasi, menstimulus kreativitas, serta melatih kemampuan berpikir logis. Metode ini juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena anak mengalami proses percobaan yang diawali dengan mengamati, mencoba, menganalisis, dan kemudian menyimpulkan. Kegiatan ini juga terasa akan menyenangkan karena anak bisa menyaksikan langsung percobaan yang mereka lakukan.
Berikut Langkah-langkah dalam melaksanakan metode eksperimen :
Penulis : Sisca Nurul Fadila
Editor: Ifina Trimuliana
Kurator: Retno Wulandari
Referensi :
1. Handayani, Peny Husna, Srinahyanti. 2018. Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia Vol 1 (2).
2. Puspita, Yenda. 2020. Penerapan Pembelajaran Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal of Early Childhood Vol 3 (2) p.126-131