PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, sebagaimana visi pendidikan Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. Maka, diantara upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas, dengan perwujudan Merdeka Belajar, Merdeka Bermain yang merujuk pada prinsip pendidikan yang berpusat pada anak.
Adapun pondasi PAUD berkualitas tersebut ditentukan oleh peran pendidik dan tenaga kependidikan, yang meliputi 4 (empat) elemen sebagaimana yang dikemukakan oleh Nurhasanah, N., et al., pada tahun 2022. Empat elemen ini semestinya terselenggara di 205.673 satuan PAUD di Indonesia (https://dapo.kemdikbud.go.id/#Rekap Nasional Semester 2022/2023 Genap Per 24 Januari 2023 00:00:00) sebagaimana berikut ini:
Kualitas proses pembelajaran umumnya merujuk pada kualitas interaksi pendidik dengan anak, pendekatan pembelajaran yang digunakan, serta kemampuan pedagogik pendidik untuk dapat merancang rencana pembelajaran yang berisikan muatan sesuai arahan kurikulum yang digunakan, serta menerapkan asesmen yang hasilnya digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya
Kegiatan di satuan PAUD umumnya cukup singkat, dibandingkan dengan durasi kebersamaan anak dengan orang tua/wali di rumah. Agar dapat berkembang dengan optimal, anak perlu mendapat stimulasi setiap saat, tidak hanya saat ia berada di satuan PAUD. Oleh karena itu, kemitraan satuan PAUD dengan orangtua/wali adalah kunci terjadinya kesinambungan dalam berkegiatan main dan nilai pendidikan yang dikenalkan di satuan PAUD dan di rumah.
Satuan PAUD yang berkualitas adalah satuan yang tidak hanya menyediakan aspek pendidikan saja. Namun, agar anak berkembang dengan utuh, maka satuan PAUD perlu juga memantau dan mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak di luar pendidikan, yaitu kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan, sesuai dengan amanat Perpres No 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Penyediaan layanan ini tidak harus dipenuhi oleh satuan PAUD secara mandiri, namun dapat bermitra dengan unit layanan di sekitarnya.
Agar ketiga elemen diatas dapat mencapai tujuannya, maka diperlukan elemen kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya yang kuat. Adanya kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya memastikan adanya kesempatan bagi pendidik dan tenaga kependidikan untuk dapat terus meningkatkan kompetensinya agar dapat memenuhi kualitas layanan yang diharapkan; serta tersedianya sarana prasarana yang menghadirkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk pelaksanaan proses pembelajaran. Aspek ini tidak hanya mencakup keamanan dan kenyamanan fisik, namun juga keamanan psikis (sosial dan mental) anak saat berada di lembaga PAUD sebagai bentuk dukungan pengembangan kesejahteraan (well-being) anak. Pemenuhan lingkungan aman secara fisik dan psikis saling berkaitan satu sama lain.
Empat elemen PAUD berkualitas di atas tertuang dalam 4 (empat) program prioritas Direktorat PAUD sepanjang tahun 2022 yaitu:
Dengan hadirnya Program Sekolah Penggerak diharapkan kualitas layanan PAUD dapat meningkat sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Sobat PAUD, yuk ikuti Program Sekolah Penggerak!
Penulis :Beryana Evridawati
Editor : Ifina Trimuliana
sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/program-sekolah-penggerak-sebagai-salah-satu-upaya-wujudkan-paud-berkualitas?ref=MTQxNS1jNDBmMTkzNmZjM2I=&ix=NDctNGJkMWM0YjRhZDEw