(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

METODE PRAKTEK LANGSUNG PEMBIASAAN ANAK PAUD MAMPU MELAKUKAN KEGIATAN KEBERSIHAN KESEHATAN KEAMAN

Admin disdikpora | 25 Mei 2022 | 177 kali

Selama Pandemi Corona Covid-19 masih berlangsung dan mengikuti anjuran pemerintah melaksanakan kegiatan work from home (WFH) atau Kegiatan pembelajaran di rumah di rumah. TK Tunas Bangsa II Cigadung membuat program kegiatan melalui daring  WhatsApp  grup Orang tua murid.

           Program Kegiatan melelui jaringan atau online ini. Tugas Guru dan Kepala TK melakukan monitoring. Guru/Wali kelas memberikan materi/pembelajaran (tugas Pembiasaan berupa kegiatan keseharian yang positif dan Pengembangan Bahasa, Kognitif, Sains ,Motorik kasar/halus, Keterempilan seni ). Kegiatan atau tugas yang diberikan yaitu kegiatan yang ringan dilakukan oleh anak sendri dan bersama-sama agar anak tetap merasa senang dan leluasa belajar dirumah. Penggunaan media atau bahan dan alat untuk kegiatannya menggunakan yang tersedia dirumah, sehingga para orangtua tidak perlu keluar dari rumah dan tidak terbebani mencari atau mendapatkan media pembelajaran untuk anak-anaknya. Adapun tugas para Orang tua mendampingi bermain dan belajar anak dan mempasilitasi anak menyetorkan/mengapload foto kegiatan melalui daring WhatsApp /WA. Hal ini menjadi wahana para Orang tua untuk mengantikan peran Guru di rumah. 

Tujuan program kegiatan ini adalah untuk pencegahan mata rantai penularan Covid-19, memudahkan para Orang tua untuk memberikan pembelajaran anak-anaknya, sehinnga anak tidak merasa jenuh melakukan kegiatan pembelaran di rumah.

Disini saya akan berbagi  metode pembelajaran Pembiasaan tentang tema  K3 ( Kesehatan Kebersihan Keamanan) khususnya menjaga kesehatan dan kebersihan badan yang dilakukan anak sendiri, dan mudah-mudahan metode yang saya buat dapat berguna khusus untuk para guru PAUD dan dapat diterapkan kepada anak-anak didiknya di lembaganya masing-masing. Adapun isi dari pembelajaran “ProsesTerjadinya Hujan Untuk PAUD” melalui Whatsapp grup orang tua murid yang menyenangkan ini adalah sebagai berikut :

1.     Materi tentang K3( Kesehatan Kebersihan Keamanan)  dengan sub tema  menjaga kesehatan dan kebersihan badan, diberikan melalui praktek langsung yaitu anak melakukan kegiatan pembiasaan kebersihan di rumah  bersama anggota keluarganya. Seperti 5 langkah mencuci tangan, mandi, gosok gigi, membereskan tempat tidur sendiri serta kegiatan yang lainnya yang bisa dilakukan oleh anak bersama anggota keluarganya dan juga makan makanan yang sehat tentunya untuk menjaga imunitas dan kesehatan badan anak itu sendiri.

2.     Alat dan bahan :

a.      Alat – alat mandi

b.     Alat Kebersihan di Rumah

3.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :

a.      Guru memberikan informasi tentang tema pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.yaitu tentang K3( Kesehatan Kebersihan Keamanan) khususnya menjaga kesehatan dan kebersihan badan yang dilakukan anak sendiri

b.     Anak dengan didampingi  dan diikutsertakan melakukan kegiatan pembiasaan menjaga kesehatan dan kebersihan badan sendiri  bersama anggota keluarganya.

c.      Orang tua mengirimkan hasil kegiatan anaknya dengan dokumentasi foto juga video tentang proses terjadinya hujan tersebut melalui daring WhatsApp .

d.     Guru memberikan reward kepada anak dan Orang tua dengan mengirimkan kata-kata pujian dan stiker yang dapat memberikan semangat kepada Orang tua agar tetap dapat membimbing anak-anaknya belajar dirumah.

e.      Guru memberikan penilaian hasil kegiatan anak-anak yang dikirimkan oleh Orang tua dan di administrasikan kedalam buku penilaian anak.

Alhamdulillah metode Praktek langsung Pembiasaan di rumah dengan Materi tentang K3 (Kesehatan Kebersihan Keamanan) dengan sub tema menjaga kesehatan dan kebersihan badan melalui daring WhatsApp, telah dilaksanakan di lembaga kami. Orang tua murid sangat mengapresiasi dan anak-anak terlihat menyukai, juga senang akan pembelajaran sains ini. Kami juga sebagai Guru dengan pembelajaran melalui daring ini, menjadi lebih kreatif membuat metode atau cara baru untuk pembelajaran yang lainnya yang menyenangkan anak yang dapat digunakan para Orang tua mengajarkan anak-anaknya di rumah. 

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/metode-praktek-langsung-pembiasaan-anak-paud-mampu-melakukan-kegiatan-kebersihan-kesehatan-keamanan-di-rumah/