(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN

Admin disdikpora | 23 Mei 2022 | 115 kali

Diterbitkan:13 April 2022 11:15
Sumber:buku kinerja 4
Penulis:UNUNG SOLIHAT

Pembuatan dan Penggunaan Alat Pelajaran Matematika Berbentuk Video Pembelajaran

Sejak munculnya wabah penyakit Corona atau disebut dengan Covid-19 ke Indonesia pada bulan maret tahun 2020 , pemerintah Indonesia beserta kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memilih kebijakan bahwa seluruh kegiatan belajar tatap muka ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh.

oleh karena itu dalam rangka upaya agar pada akhir studinya peserta didik dapat menguasai konsep-konsep dan teorema matemtika, pada masa pandemi ini covid ini, maka penggunaan alat pelajaran berbentuk video pembelajaran matematika sangat diperlukan.

Pembuatan alat pelajaran matematika berbentuk video pembelajaran pada materi kelas IX ini , diharapkan dapat memperlancar proses pembelajaran jarak jauh . peserta didik bisa belajar kapan pun dan dimanapun. Tampilan disajikan jauh lebih menarik , sehingga diharapkan dengan penggunaaan video pembelajaran matematika dapat meningkatakan mutu proses belajar peserta didik dari rumah.

tujauan dari pembuata alat pelajaran ini :

a. Untuk meningkatkan meningkatakan pembeljaaran jarak jauh dengan menggunakan video pembelajaran

b. Untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pelajaran kelas IX melalui pemanfaatan video pembelajaran matematika

c. Untuk meningkatakan kompetensi , kreatifitas , daya inovasidan profesionalisme dalam pembelajaran

Alat pelajaran merupakan bagian dari pada media oleh karena itu media perlu dipahami . Media adalah alat bantu yang digunakan yang dapat mendukung dalam kegiatan pembelajaran.dalam metedologi pembelajaran terdapat dua aspek yang paling menonjol yakni metode mengajar dan media pendidikan sebagai alat bantu mengajar. Sedangkan penilaian adalah alat untuk mengukur atau menentukan taraf tercapai tidakanya tujuan pembelajaran ini.Jadi media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar ada dalam komponen metodologi sebagai salah satu lingkungan belajar yang diatur oleh guru.

alat pelajaran merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari . Alat pelajaran adalah berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran / bimbingan pelaksanaan proses/bimbinganmenjadi lebih jelasdan lebig efektif. 

dari segi pengadaanya alat pelajaran digolongan kedalam 2 kategori yaitu kategori komplek dan kategori sederhana.

alat pelajaran yang dibuat pada artikel ini adalah alat pelajaran sederhana 

untuk lebih jelasnya klik link berikut :

https://drive.google.com/file/d/1lfATRMad67uJVWX6sIo9hr1oWYUAo8zR/view?usp=sharing

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembuatan-dan-penggunaan-alat-pelajaran-matematika-berbentuk-video-pembelajaran/