(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Menerapkan Perilaku Hidup Sehat Sejak Usia Dini

Admin disdikpora | 27 November 2023 | 398 kali

PAUDPEDIA--Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, salah satu program yang perlu dilaksanakan di satuan PAUD adalah mengenalkan gizi dan kesehatan. Anak-anak harus sehat dan aman agar bisa berkembang dan bertumbuh. Satuan PAUD perlu menyusun program pembiasaan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan mengenalkannya kepada anak secara berkala. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

1.    Membiasakan Anak Mencuci Tangan dengan Air Mengalir dan Sabun
Satuan PAUD dapat menyediakan fasilitas mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun maupun cairan mencuci tangan yang aman untuk anak. Anak diajak untuk mencuci tangan dengan benar sesuai SOP cuci tangan. Anak diajak mencuci tangan dilakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas menggunakan tangan di satuan PAUD. Program ini dilaksanakan secara rutin dan berkala.

2.    Membuang Sampah pada Tempatnya
Satuan PAUD dapat menyediakan tempat sampah dengan berbagai peruntukannya, seperti sampah organik, anorganik, dan sebagainya. Anak diajak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

3.    Mengenalkan dan Makan Makanan Sehat Bergizi Seimbang
Pendidik dapat membuat program bawa bekal sehat bergizi maupun menentukan jadwal dalam seminggu untuk memberikan kesempatan kepada anak menikmati makanan sehat bergizi seimbang. Satuan PAUD juga menyediakan air minum yang cukup atau mempprogramkan anak membawa air minum bersih dalam botol isi ulang.

4.    Berolahraga di Luar Ruangan pada Pagi Hari
Anak dapat diajak untuk melakukan aktivitas fisik  seperti senam maupun kegiatan lainnya di luar ruangan pada pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D membantu memelihara Kesehatan tulang anak.

Sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/menerapkan-perilaku-hidup-sehat-sejak-usia-dini?ref=MTg2Mi0yYjRiZmI5MQ==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=