PAUDPEDIA--Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, salah satu kecakapan hidup yang penting adalah kemampuan seseorang untuk menata dan mengelola sumber daya yang dimiliki, agar dia mampu mengambil keputusan yang bijak dalam hidupnya. Salah satu sumber daya yang penting dikelola adalah kemampuan mengelola keuangan. Oleh karena itu, kecakapan literasi finansial tidak hanya penting bagi orang dewasa, kecakapan ini perlu ditumbuhkan sejak dini.
Literasi keuangan merupakan kajian keterampilan hidup penting yang harus dikenalkan dan diterapkan sejak usia dini. Pemahaman tentang konsep uang mulai berkembang sejak usia dini, dapat dikenalkan melalui aktivitas-aktivitas di satuan PAUD. Anak-anak dapat menemukan dan belajar lebih banyak tentang penggunaan uang yang disajikan dengan cara yang lebih realistis. Guru maupun orang tua dapat menggabungkan konsep keuangan dan keterampilan pengelolaan uang ke dalam interaksi sosial sehari-hari dengan orang dewasa dan memasukkan kegiatan yang memungkinkan pengembangan keterampilan keuangan dalam proses pendidikan. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa pengalaman dan keterampilan finansial tersebut berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Mengenalkan literasi keuangan pada anak usia dini bertujuan untuk mencapai pengetahuan keuangan, sikap, dan perilaku keuangan yang diintegrasikan ke dalam aktivitas bermain.
Mengembangkan keterampilan finansial untuk anak usia dini, harus memperhatikan karakteristik perkembangan anak, karakteristik keluarga, dan budaya; pengalaman keuangan dasar yang independen dari keluarga; dan memastikan partisipasi keluarga dalam pendidikan literasi keuangan. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan literasi keuangan pada anak usia dini:
Yuk, Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, mulailah kenalkan literasi keuangan sejak usia dini kepada anak-anak kita, supaya mereka menjadi anak yang hebat dalam mengelola keuangan mereka sendiri hingga dewasa nanti.
Penulis : Felisitas Ndeot
Editor : Ifina Trimuliana
Kurator : Retno Wulandari
Referensi
Avci, F. (2022). Financial literacy skills in preschool period and evaluation of financial literacy skills in 2013 preschool education program. Journal of Inclusive Educational Research, 2(1).
Saputra, J., & Susanti, D. (2021). A Study of Several Financial Literacy Teaching Methods for Children. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2), 7-10.
sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/bagaimana-mengenalkan-literasi-keuangan-pada-anak-usia-dini?ref=MTQ4My0wN2NhZTI1ZjU3ZTk=&ix=NDctNGJkMWM0YjRhZDEw