(0362) 22442 disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
KARAKTER GURU YANG WAJIB DIMILIKI AGAR SUKSES DALAM MENGAJAR DI ABAD 21
Admin disdikpora | 10 Juni 2021 | Dibaca 7 kali

Diterbitkan : 24 Januari 2021 20:45
Sumber : Izzan, Ahmad. dkk. 2012. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora
Penulis : ROFIFAH MIFTAHURRAHMI

Izzan (2012:153) mendeskripsikan bahwa pola pendidikan humanistik menitikberatkan pada karakter guru. Pendidikan humanis sebagaimana menurut Undang-undang No. 14 Tahun 2005 dijelaskan bahwa profesi guru tidak hanya mentransfer ilmu kepada peserta didik, namun seorang guru dengan tugas utamanya yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi pendidikan. Dalam hal ini, guru adalah porosnya pendidikan. Guru menjadi penentu kemajuan suatu negara di masa depan. Seorang guru harus memiliki niat yang mulia untuk membentuk karakter yang baik untuk peserta didiknya dan mempercayai bahwa peserta didik yang bermasalah dapat berubah melalui didikan sang guru tersebut, termasuk problem yang sering terjadi pada peserta didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. 

Guru yang berkarakter merupakan guru yang siap untuk terus menerus meninjau arah hidup dan kehidupannya serta menjadikan profesi guru sebagai suatu kesadaran akan sebuah panggilan hidup. Dihadapkan dengan zaman dimana sebuah ilmu dan teknologi yang berkembang dahsyat di abad 21 saat ini menambah tantangan tersendiri sebagai seorang guru. Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Guru di masa kini tidak lagi dapat menggunakan metode lama seperti menulis di papan tulis, dan menyuruh peserta didik untuk menyalin atau berceramah di depan peserta didik. Pada abad 21 terutama dalam bidang pendidikan, guru harus memiliki karakter yang mampu mentrasnformasikan diri dalam era pedagogik siber atau era digital pada saat ini. Guru harus mampu mengikuti teknologi dan menyesuaikan dengan karakter peserta didik yang berbeda dengan dulu. Berikut ini karakter yang harus dimiliki guru sebagai pendidik di era abad 21 atau era revolusi industri 4.0:

  1. Memiliki Kemauan Belajar yang Tinggi; Perubahan dalam dunia ini berjalan begitu cepat. Belum sempat mempelajari satu hal, sudah ada hal baru lagi yang harus dikuasai. Contohnya, saat ini guru harus mahir memberikan pelajaran secara jarak jauh dengan memantau peserta didik melalui sarana komunikasi jarak jauh pula. Dalam mengajarkan materi guru harus selalu mengikuti perkembangan. Terutama di bidang yang sedang diajarkan. Jika guru selalu mempelajari hal baru, peserta didik juga akan termotivasi untuk belajar.
  2. Tidak Ketinggalan Perkembangan Teknologi; Guru harus dapat memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk membantu kegiatan belajar. Mulai dari membuat presentasi dan berbagai aplikasi untuk mengevaluasi. Bahkan guru juga harus memaksimalkan smartphone sebagai sarana mengajar karena saat ini hampir semua orang tua peserta didik juga sudah menggunakannya.
  3. Pandai Menggali Potensi Peserta Didik; Di abad 21, guru tidak hanya harus mampu membagikan materi pelajaran, tetapi juga harus mampu menggali potensi peserta didik. Peserta didik tidak hanya didorong untuk belajar pengetahuan tetapi juga dibantu menemukan potensi dirinya kemudian mengembangkannya. Untuk itu, guru harus memiliki keahlian berkomunikasi dengan peserta didik yang sangat beragam karakternya.
  4. Mengajar Tanpa Batasan Kelas; Guru harus menyadari bahwa belajar tidak terbatas pada ruang kelas. Guru juga harus mempu mendorong peserta didik untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran pun harus berpusat kepada peserta didik. Berikan kebebasan mereka untuk memilij cara belajar yang disukai dan guru cukup membimbing dan memfasilitasi peserta didik.
  5. Kreatif dan Penuh Inovasi; Guru harus dapat mengelola kegiatan belajar secara kreatif dan mau berinovasi delam mengajar. Guru juga harus bisa menentukan kebutuhan dalam proses pembelajaran, cara menyampaikan materi, penilaian, sampai evaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Di abad 21 ini, peserta didik juga perlu belajar bagaimana berpikir kreatif untuk menyelesaikan soal atau tantangan. Kelas yang belajar secara kreatif dapat dilihat dari kegiatan belajar yang menyenangkan.

 

“Seorang guru profesional harus bisa mengarahkan, menangani menjadi pribadi yang lebih baik, karena itulah tugas seorang guru. Maka benarlah yang dkatakan bahwa guru bisa mengubah dunia”

sumber: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/karakter-guru-yang-wajib-dimiliki-agar-sukses-dalam-mengajar-di-abad-21/

Share Berita Ini :