(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengenalkan Pahlawan Nasional kepada Anak Usia Dini

Admin disdikpora | 28 Agustus 2023 | 381 kali

PAUDPEDIA —Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, mengenalkan pahlawan kepada anak usia dini adalah langkah penting dalam pendidikan sejak dini. Hal ini dapat membantu menginspirasi dan membentuk karakter sejak usia dini. Mengajak anak mengenang jasa pahlawan nasional  akan menjadi salah satu cara menanamkan patriotisme kepadanya. Selain itu, anak juga jadi bisa memahami sejarah bangsa kita dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengenalkan pahlawan kepada anak usia dini.

1.    Pilih Pahlawan yang Relevan
Pilihlah pahlawan yang relevan dan cocok untuk usia anak-anak. Pastikan cerita pahlawan tersebut mengandung nilai-nilai positif yang dapat dipahami dan diterima oleh anak-anak.

2.    Gunakan Cerita atau Buku Bergambar
Gunakan cerita atau buku bergambar tentang pahlawan tersebut. Buku bergambar akan membantu anak-anak memahami dan membayangkan kisah dengan lebih baik.

3.    Perkenalkan dengan Cara Menarik
Buat pengenalan pahlawan menjadi menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Gunakan permainan atau kegiatan yang melibatkan mereka dalam proses pembelajaran. Misalnya menggunakan kartu edukatif yang berisi gambar pahlawan, bermain permainan edukatif, bermain puzzle gambar pahlawan, menggambar, mewarnai, atau membuat poster tentang pahlawan, dan lain-lain. Setelah mengenalkan pahlawan, diskusikan nilai-nilai yang dimiliki oleh pahlawan tersebut. Contohnya: keteguhan hati, keberanian, persahabatan, kejujuran, atau kepedulian terhadap sesama.

4.    Kunjungan ke Tempat Bersejarah
Bila memungkinkan, kunjungilah tempat bersejarah yang terkait dengan pahlawan tersebut. Misalnya, museum atau situs bersejarah yang menceritakan kisah keberanian dan pencapaian sang pahlawan.

5.    Melihat monumen dan patung pahlawan
Banyak monumen dan patung pahlawan yang bisa dikunjungi anak untuk menambah wawasan, mengenang para pahlawan dan pastinya anak akan mendapat gambaran visual dari pahlawan yang diketahuinya. 

6.    Bermain Peran (Role Play) 
Ajak anak-anak bermain peran dengan berpura-pura menjadi pahlawan. Mereka bisa mengenakan kostum atau membuat properti sederhana untuk menghidupkan cerita pahlawan.

Mengenalkan pahlawan kepada anak-anak adalah proses berkelanjutan. Jadi, pastikan untuk tetap mengenalkan pahlawan nasional dengan nilai-nilai positif dan inspiratif. Melalui pendekatan-pendekatan di atas, diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal dan mengapresiasi perjuangan pahlawan serta memperoleh nilai-nilai positif yang dapat membentuk karakter mereka sejak dini.

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/mengenalkan-pahlawan-nasional-kepada-anak-usia-dini?ref=MTcyNy0wNTZjMWYyZQ==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=