(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengenalkan Ragam Budaya Secara Sederhana tapi Penuh Makna

Admin disdikpora | 12 Maret 2021 | 4396 kali

Indonesia memiliki beragam budaya yang berasal dari berbagai daerah. Keragaman tersebut menjadi ciri khas bangsa yang patut diketahui dan sebaiknya hal ini dikenalkan sejak dini kepada anak-anak.

Menurut para ahli, mengenalkan budaya pada anak sejak dini sangatlah penting. Ketika anak telah mengenal budaya bangsanya, mereka diharapkan bisa menghadapi benturan konflik sosial akibat perbedaan sejak sedini mungkin.

Selain itu, dengan mengenalkan budaya bangsa kepada anak usia dini juga bisa mendorong mereka agar tidak mudah terpengaruh terhadap segala hal yang bisa memecah belah bangsanya. Sekaligus menumbuhkan sikap lebih menghargai, bersimpati dan berempati terhadap segala perbedaan yang ada di sekitarnya.

Lantas bagaimana cara mengenalkan kebudayaan bangsa kepada anak usia dini? Memang bukan hal yang mudah membuat anak-anak langsung memahaminya, tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Hanya dibutuhkan cara yang sederhana agar mudah dipahami namun bermakna oleh anak-anak usia dini. Seperti apa misalnya?

Preschool-Taman Kanak-kanak (TK) Surya Bangsa di Ciledug, Tangerang, memiliki cara tersendiri untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada anak didiknya, yaitu dengan menggelar acara Culture Day. Sebuah acara rutin setiap tahun di bulan April yang diikuti semua murid tingkat nursery, Pre-K, TK A, dan TK B. Kali ini tema yang diangkat adalah Pakaian Tradisional dan Makanan Khas Indonesia.

”Tema kali ini adalah My Country. Acara Culture Day ini merupakan acara puncak dari tema selama satu bulan ini. Untuk konsep acara, yaitu mengenalkan anak-anak bahwa Indonesia memiliki banyak kebudayaan daerah yang harus mereka ketahui,” jelas Ida Ayu Komang Widyan, Kepala Sekolah Preschool-TK Surya Bangsa, akhir April lalu.

Tujuan dari acara ini, selain untuk mengenalkan kebudayaan juga untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak kepada Tanah Air.

Menurut Dian, mengenalkan kebudayaan kepada anak-anak usia dini harus menggunakan cara yang sederhana serta mudah dipahami. Cara tersebut adalah dengan mengenalkan bagian dari budaya itu sendiri, yaitu pakaian daerah dan makanan tradisional dari berbagai daerah.

”Itu simple banget dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dari kedua komponen itu, pakaian dan makanan saja sudah bisa menggambarkan bahwa budaya Indonesia begitu beragam.”

Oleh karena itu, pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua murid untuk menyiapkan anak-anaknya ke sekolah dengan mengenakan batik atau baju daerah lainnya.

Sedangkan untuk makanan, tiap murid diminta membawa makanan tradisional yang merupakan ciri khas Indonesia. Seperti mpek-mpek, siomay, sate, nasi kuning dan sebagainya yang nantinya dimakan bersama-sama di kelas.

Selama acara berlangsung, guru-guru memutarkan sejumlah lagu daerah sambil menjelaskan judul dan asal daerah lagu tersebut. Selanjutnya pengenalan beberapa baju-baju daerah yang ditunjukkan secara langsung kepada murid-murid.

Dengan pengenalan seperti ini, diharapkan bisa menorehkan kesan untuk semua murid sehingga mampu menumbuhkan semangat kebersamaan serta saling menghormati meski berbeda-beda. (Lusi Maghriefie - Penulis lepas.  Foto: Fuji Rachman)