(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kolaborasi Orang Tua dan Guru: Membangun Literasi Sains pada Anak Usia Dini

Admin disdikpora | 08 Mei 2023 | 173 kali

PAUDPEDIA — Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, orang tua dan guru memainkan peran penting dalam mengembangkan literasi sains pada anak usia dini. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru dalam mengembangkan literasi sains pada anak usia dini. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mendorong rasa ingin tahu dan eksplorasi. Orang tua dan guru dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk mengamati dan mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan cara yang aman dan terkontrol. Misalnya, mengamati serangga, menanam tanaman, tanah, batuan, air, cuaca, atau mencari benda-benda yang tersembunyi di dalam maupun di luar rumah.
  2. Membacakan buku-buku dan cerita sains yang menarik. Orang tua dan guru dapat membaca buku-buku atau cerita sains kepada anak untuk memperkenalkan konsep-konsep sains secara menyenangkan dan menarik.
  3. Mengajukan pertanyaan dan mendorong diskusi. Orang tua dan guru dapat mengajukan pertanyaan dan memancing diskusi tentang fenomena alam atau lingkungan sekitar untuk membantu anak memahami konsep-konsep sains dengan lebih baik.
  4. Memberikan kesempatan untuk berbicara dan berbagi. Orang tua dan guru dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara dan berbagi tentang pengalaman atau pengetahuan sains yang mereka miliki.
  5. Menerapkan konsep-konsep sains dalam kegiatan sehari-hari. Orang tua dan guru dapat mengenalkan konsep-konsep sains melalui kegiatan sehari-hari seperti memasak, membuat es, merawat tanaman, membersihkan rumah, atau memperbaiki barang-barang yang rusak.
  6. Menggunakan teknologi dan media. Orang tua dan guru dapat menggunakan teknologi dan media seperti video atau aplikasi sains untuk membantu anak memahami konsep-konsep sains dengan lebih baik.
  7. Melibatkan anak dalam kegiatan sains. Orang tua dan guru dapat melibatkan anak dalam kegiatan sains yang praktis seperti membuat eksperimen sederhana, membangun model, atau mengamati benda-benda sains di alam.

Penulis    : Felisitas Ndeot
Editor    : ifina Trimuliana
Kurator    : Dona Paramita

Referensi:
Eshach, H. (2006). Science literacy in primary schools and pre-schools. Dordrecht, The Netherlands.
Vahey, P., Vidiksis, R., & Adair, A. (2019). Increasing Science Literacy in Early Childhood: The Connection between Home and School. American Educator, 42(4), 17.

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/kolaborasi-orang-tua-dan-guru-membangun-literasi-sains-pada-anak-usia-dini?ref=MTU3MS0wMDI1OTQ5NA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=