(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Manfaat Survey Lingkungan Belajar di Satuan PAUD

Admin disdikpora | 23 November 2023 | 290 kali

PAUDPEDIA--Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah alat evaluasi internal yang digunakan oleh satuan pendidikan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan suasana sekolah yang mendukung pembelajaran di satuan PAUD. Sulingjar PAUD adalah survei yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan untuk menghimpun informasi tentang kualitas layanan PAUD sebagai bagian dari evaluasi sistem pendidikan. Hasil dari Sulingjar PAUD akan diolah oleh Kemendikbudristek sehingga satuan PAUD dapat memiliki data yang terstruktur dalam bentuk Profil Pendidikan yang akan membantu mereka dalam membuat perencanaan di satuan PAUD berdasarkan data yang ada. Berikut beberapa manfaat survei lingkungan belajar di satuan PAUD.

1.    Manfaat bagi Satuan PAUD
Memudahkan satuan PAUD dalam merancang perencanaan (menggunakan pendekatan Perencanaan Berbasis Data) dan meningkatkan kualitas layanan di satuan PAUD menggunakan data yang menyeluruh dalam bentuk Profil Pendidikan. Selain itu, hal ini juga akan memberikan kontribusi dalam pembentukan data nasional mengenai proses pembelajaran dan pengelolaan PAUD. Survei Lingkungan Belajar merupakan alat bantu bagi satuan PAUD dalam melakukan evaluasi kinerja terhadap pelaksanaan layanan, baik yang telah berjalan dengan baik maupun yang masih perlu perbaikan. Satuan PAUD dapat menilai praktik dan menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan agar nantinya memungkinkan mereka untuk merencanakan kegiatan dan anggaran dengan lebih efektif dan berfokus pada meningkatkan kualitas praktik pembelajaran dan manajemen satuan PAUD.

2.    Manfaat bagi Pemerintah Daerah 
Hasil Survei Lingkungan Belajar dapat digunakan untuk memahami situasi pelayanan PAUD di lingkungan daerahnya dan untuk mengenali jenis dukungan yang diperlukan oleh lembaga PAUD di daerah tersebut.

3.    Manfaat bagi Mitra
Profil Pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai titik awal atau dasar untuk merencanakan jenis bimbingan yang paling cocok dengan kebutuhan satuan PAUD.

4.    Manfaat bagi Pengawas/Penilik
Pengawas/Penilik dapat memiliki pemahaman yang cukup tentang situasi lembaga PAUD sehingga dapat menentukan jenis bimbingan yang dibutuhkan oleh satuan PAUD tersebut.

Sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/manfaat-survey-lingkungan-belajar-di-satuan-paud?ref=MTg2MS1hYTc1NDdkMw==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=