(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Membiasakan Anak Usia Dini Mandi Sendiri

Admin disdikpora | 30 Oktober 2023 | 361 kali

PAUDPEDIA – Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, ada banyak hal yang perlu dibiasakan kepada anak, salah satunya adalah kegiatan mandi. Kebanyakan orang tua masih memandikan anaknya padahal jika anak sudah memasuki usia 4-5 tahun, anak bisa dibiasakan mandi sendiri. Oleh karena itu orang tua hanya memberikan kesempatan kepada anak agar ia bisa melakukannya sendiri. 

Proses mandi yang menyenangkan sering kali menggugah rasa keingintahuan anak. Anak ingin mencoba mengayung air mandi nya sendiri, membuka kran bathtub sendiri, membuka kran shower sendiri, menggosok gigi sendiri, dan bahkan terkadang berusaha menggunakan sabun secara mandiri. Selain menyenangkan, aktivitas mandi termasuk dalam latihan kemandirian yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Hal tersebut mengingat aktivitasnya yang melibatkan banyak air, sabun, dan shampo yang bisa menyebabkan lingkungan sekitar anak menjadi basah dan licin. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk mengenalkan dan membiasakan proses mandi sendiri kepada anak-anak. Disini kami akan membahas bagaimana agar anak bisa mandi sendiri.

1.    Siapkan alat-alat yang diperlukan
Sebelum proses mandi dimulai, dekatkan semua alat yang akan anak perlukan selama proses mandi. Alat-alat tersebut mencakup: sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampoo, dan handuk.

2.    Latihan melepaskan pakaian
Mandi merupakan aktivitas kompleks. Mandi sesungguhnya terdiri dari beberapa aktivitas yang dapat berdiri sendiri, seperti aktivitas berpakaian dan menggosok gigi. Setelah alat-alat mandi disiapkan maka selanjutnya anak difokuskan pada latihan melepas pakaian. Untuk usia 4-6 tahun pakaian yang sebaiknya digunakan saat berlatih adalah jenis kaos dan celana rumahan. Hal itu akan memudahkan anak melewati proses melepas pakaian dan meningkatkan rasa kepercayaan dirinya atas keberhasilan yang ia capai.

3.    Sikat gigi dengan sempurna
Sikat gigi dengan sempurna berarti menyikat gigi menggunakan sikat yang sesuai dengan usia anak, menggunakan pasta gigi anak, dan sikat menjangkau seluruh area gigi dan gusi. Contohkan dan lakukan secara rutin maka kelak anak dapat melakukan sikat gigi dengan sempurna secara mandiri dalam pengawasan orangtua.

4.    Biasanya menyalakan air dan menghentikannya di level yang cukup
Setelah siap untuk mandi, anak dapat dibiasakan untuk menyalakan kran air. Kenalkan cara yang tepat dan juga batasan dimana anak sebaiknya menutup kran air.

5.    Pandu dan awasi anak bershampoo dan bersabun
Bershampo dan bersabun merupakan dua aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan anak secara mandiri tanpa pengawasan orangtua hingga anak setidaknya berusia 6 tahun. Peringatan ini berkaitan dengan tingkat bahaya yang mungkin terjadi dari aktivitas tersebut.

Walaupun ada batasan usia, tidak berarti anak-anak kita yang berada di usia dini tidak dapat berlatih bershampoo dan bersabun sendiri. Ajarkan mereka cara menggunakan sabun dan shampoo, jelaskan serta pantau cara anak mengoleskan dan menggosok rambut / badannya, dan bantu anak membilas busa yang melekat di tubuhnya hingga bersih / tidak licin. Setelah semua rangkaian selesai, selanjutnya orangtua bisa mencek tingkat kebersihan hasil latihan mandi anak dan kemudian mengeringkan badan anak dengan handuk.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, untuk meningkatkan kemampuan anak pada saat mandi perlunya peran orangtua agar anak terus membiasakan mandi sendiri dan ingatkan anak akan pentingnya  membersihkan diri dengan benar sehingga anak akan terbiasa menjalani kebiasaan hidup bersih sehat dan terhindar dari penyakit.

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/membiasakan-anak-usia-dini-mandi-sendiri?ref=MTcwMS1iN2FiNzYyOA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=