(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD

Admin disdikpora | 14 Maret 2023 | 31118 kali

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, pembelajaran anak usia hendaknya berfokus pada stimulasi berbagai aspek perkembangan agar mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu pembelajaran harus mengacu pada “capaian pembelajaran”.

Capaian pembelajaran akan memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan yang ingin dikembangkan. Adapun lingkup capaian pembelajaran kurikulum merdeka di satuan PAUD sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka yaitu:

1. Nilai agama dan budi pekerti, yang mencakup kemampuan dasar-dasar agama dan akhlak mulia yaitu:

- Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal, mempraktikkan ajaran pokok sesuai dengan agama dan kepercayaannya.  

- Anak berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan diri sebagai bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

- Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia.

- Anak menghargai alam dengan cara merawatnya dan menunjukkan rasa sayang terhadap makhluk hidup yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Jati diri, mencakup pengenalan jati diri anak Indonesia yang sehat secara emosi dan sosial dan berlandaskan Pancasila, serta memiliki kemandirian fisik, yiatu

- Anak mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat. 

- Anak mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara, dan dunia) serta rasa bangga sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila. 

- Anak menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan, dan norma yang berlaku. 

- Anak menggunakan fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek dan lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan diri.

3. Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni yang mencakup kemampuan memahami berbagai informasi dan berkomunikasi serta berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca. Setiap elemen stimulasi harus digunakan sebagai dasar untuk mengeksplorasi aspek perkembangan anak secara keseluruhan, bukan secara terpisah, yaitu sebagai berikut:

- Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. 

- Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. 

- Anak mengenali dan menggunakan konsep pramatematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. 

- Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. 

- Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial. 

- Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan, dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab. 

- Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni

Demikianlah tiga lingkup capaian pembelajaran anak usia dini pada kurikulum merdeka yang dapat Sobat PAUD terapkan. Untuk mencapai capaian pembelajaran ini Sobat PAUDpun diberikan kebebasan untuk menentukan pembelajaran yang sesuai dengan kharakteristik lingkungan satuan PAUD masing-masing.

Penulis?: Ifina Trimuliana

Kurator?: Dona Paramita

Referensi:

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/capaian-pembelajaran-kurikulum-merdeka-di-satuan-paud?ref=MTA3OS1lYjM5ODM5MzM3Mjk=&ix=NDctNGJkMWM0YjRhZDEw