(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pemaknaan Terhadap Belajar yang Positif

Admin disdikpora | 12 Oktober 2023 | 331 kali

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, pemaknaan terhadap belajar yang positif merupakan salah satu fase fondasi yang merujuk pada kemampuan anak untuk mengenali serta menghargai kebiasaan dan aturan yang berlaku, serta memiliki rasa senang terhadap belajar, menghargai usahanya sendiri untuk menjadi lebih baik, dan memiliki keinginan untuk berusaha kembali ketika belum berhasil. Adapun keterampilan yang dibangun pada fase ini yaitu:

1.    Mampu melihat belajar sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Anak perlu melihat proses belajar sebagai proses yang menyenangkan. Kesenangan anak akan belajar dimulai secara alamiah melalui rasa ingin tahunya yang besar akan lingkungan dan kejadian yang terjadi di sekitarnya. Ketika seorang anak menyenangi belajar, maka hal ini akan memberikan fondasi bagi kesiapan anak mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Sobat PAUD, kemampuan ini terlihat dari antusias dan rasa ingin tahu anak dalam melakukan sesuatu.

Contoh: saat kegiatan projek menanam tanaman hias, anak terus bertanya tentang apa, kenapa dan bagaimana dan pertanyaan lainnya seputar projek tersebut sebagai bentuk rasa ingin tahunya.

2.    Mampu melihat manfaat dari kegiatan belajar.

Ketika seorang anak merasakan manfaat dari kegiatan belajar yang menye nangkan, maka ia akan mengembangkan kecintaan terhadap belajar. Saat kecintaan terhadap belajar terpupuk, maka potensi anak menjadi pembelajar sepanjang hayat menjadi semakin besar.
Lalu, bagaimana kita tahu bahwa anak-anak kita sudah berkembang apa belum pemaknaan terhadap belajar positifnya? Untuk mengetahui hal tersebut, maka dapat mengamati beberapa hal berikut ini:
-    Peserta didik antusias/senang datang ke sekolah
-    Peserta didik mau mencoba kembali atau memperbaiki pekerjaan jika melakukan kesalahan.
-    Peserta didik mempunyai perhatian terhadap apa yang ia pelajari, menunjukkan keingintahuan dengan mengajukan pertanyaan.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, demikianlah ulasan singkat tentang pemaknaan belajar yang positif pada anak usia dini. Jadi, langkah pertama yang perlu kita lakukan agar anak menjadi pembelajar sepanjang hayat adalah fokus membangun fase fondasi ini terlebih dahulu, agar kedepannya anak memiliki rasa cinta untuk belajar tanpa harus dipaksa. 

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/pemaknaan-terhadap-belajar-yang-positif?ref=MTgxOS1lYWY1OTQ2Mg==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=