(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi

Admin disdikpora | 21 Juli 2021 | 346 kali

Diterbitkan : 11 Juli 2021 19:18
Sumber : Muhammad Na'im, S.Pd.I
Penulis : MUHAMMAD NA'IM
RPP Terkait : RPP Akidah Akhlak Kelas 8
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 8
Mapel : Aqidah Akhlak

REFLEKSI PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI

Oleh : Muhammad Na’im, S.Pd.I

 

Pandemi Covid 19 telah merubah semua tatanan kehidupan dalam masyarakat, tak terkecuali dibidang Pendidikan. Semenjak pandemi Covid 19 mewabah di Negeri kita beberapa bulan lalu mau tidak mau siap atau tidak siap, tenaga pendidik / guru diwajibkan melakukan berbagai perubahan dalam hal proses kegiatan belajar mengajar. Dalam kondisi normal proses tersebut dilakukan dalam bentuk KBM (Interaksi langsung guru dengan siswa) didalam kelas. Namun selama pandemi berlangsung proses tersebut tidak dapat dilakukan karena alas an kesehatan, sehingga guru diberbagai daerah merubah dengan sistem daring (interkasi langsung guru dengan siswa lewat dunia maya) dalam jaringan. Namun dalam praktik pelaksanaannyaa tidaklah mudah karena menyangkut beberapa hal :

1.     Kondisi geografis dan wilayah dimana masyarakat tinggal yang tidak sama.

2.     Kondisi sosial masyarakat yang tidak sama.

3.     Kondisi ekonomi masyarakat yang tidak sama dan kondisi sarana dan prasarana lain, yang masing-masing daerah / sekolah tidak sama.

Hal ini membuat KBM Daring (interaksi langsung guru dengan siswa melalui dunia maya) dalam jaringan belum dapat berjalan optimal. Bagi masyarakat yang berada didaerah perkotaan, sangat memungkinkan proses KBM daring tersebut berjalan dengan baik. Namun bagi yang berada di daerah-daerah pedesaan dan daerah-daerah terluar/pinggiran yang jauh dari akses telekomunikasi dan internet, proses KBM daring seperti diatas sangat sulit diterapkan, hal yang bisa dilakukan adalah proses KBM daring tidak langsung (bukan interaksi tatap muka langsung guru dengan murid di dunia maya) lewat grup belajar dengan memanfaatkan media messenger facebook.

Proses KBM seperti inilah yang kami guru / pendidik tempuh selama pandemi Covid 19 mewabah agar peserta didik kami tetap menerima pembelajaran. Proses pembelajaran sementara, sambil menunggu kebijakan selanjutnya dari kementerian terkait guna menunjang pelaksanaan proses KBM ditengan pandemi Covid 19.

Penulisan Artikel ini dimaksudkan guna merefleksikan kegiatan yang sudah dijalankan, dengan harapan hal – hal yang sudah bagus dapat dijalankan dan hal – hal yang kurang bagus/lengkap dapat disempurnahkan guna perbaikan mutu pendidikan kita kedepan.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/refleksi-proses-pembelajaran-dimasa-pandemi/