(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Jenis-Jenis Balok untuk Stimulasi Anak Usia Dini

Admin disdikpora | 11 Desember 2023 | 341 kali

PAUDPEDIA – Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, salah satu cara untuk melatih pengetahuan anak adalah dengan memperkenalkan jenis-jenis balok kepada anak usia dini. Maka perlu pengawalan para orangtua agar anak usia dini bisa tetap fokus dalam mengenal jenis-jenis nya. Disini kami akan menjelaskan apa saja jenis-jenis balok yang bisa dikenalkan kepada anak usia dini. :

1.    Balok Kayu Natural
Balok kayu natural ini mengedepankan kreatifitas dan produktifitas anak usia dini. Karena dengan bermain balok kayu natural anak akan lebih fokus kepada permainannya, sehingga fungsi edukasi dari permainan ini cepat diserap oleh anak.

2.    Balok Kayu Berwarna
Balok kayu berwarna ini sebagai salah satu jenis balok yang dapat digunakan untuk membuat anak mengenal berbagai macam warna dan juga mengembangkan kreativitas anak untuk menyusun balok-balok tersebut menjadi berbagai macam bentuk.
 
3.    Balok Angka
Balok angka juga berpengaruh dalam mengenalkan berbagai macam angka kepada anak usia dini menggunakan balok serta anak dapat menyusun balok menjadi urutan angka sesuai dengan arahan orangtua kepada anak usia dini.

4.    Balok Alphabet
Balok alphabet tidak berbeda jauh dengan balok angka hanya ini menggunakan huruf abjad, yang berfungsi untuk mengenalkan huruf kepada anak usia dini. Anak  juga dapat membuat namanya dengan menyusun balok dari berbagai huruf, yang terpenting balok tersebut mencukupi.


5.    Balok Roncean
Balok roncean, balok ini berukuran kecil dan memiliki beberapa bentuk yaitu, segitiga, kotak, dan persegi serta memiliki lobang yang bertujuan agar anak memasukkan benang ke dalam balok tersebut serta mempunyai warna yang berbeda sesuai dengan keinginan anak.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, mengenalkan balok penting dalam meningkatkan daya ingat anak usia dini sehingga mampu berkreasi menggunakan balok dan menjadi sebuah bentuk sesuai keinginan anak.

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/jenis-jenis-balok-untuk-stimulasi-anak-usia-dini?ref=MTg2NC1mMDI0YjJmZg==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=