(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Penguatan Eksplorasi Anak pada Pendekatan Reggio Emilia

Admin disdikpora | 20 Maret 2023 | 199 kali

Pada waktu itu Loris Malaguzzi bertujuan ingin mengembangkan sekolah ramah dan aktif yang menjadi tempat penelitian, pembelajaran, pengenalan, refleksi serta tempat anak, guru dan keluarga saling bekerja sama (terlibat satu sama lain). Pada Reggio Emilia sekolah adalah ruang dan peluang untuk hidup berdampingan dan bertukar pendapat, berdiskusi dan memecahkan masalah bersama. Terlebih lagi, untuk mengasah dan memfasilitasi rasa ingin tahu dan kreativitas anak.

Reggio emilia juga memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk berpikir kreatif, fleksibel dan kritis, karena pembelajaran difokuskan pada kebutuhan dan minat anak-anak. Selain itu, kegiatan eksplorasi juga dapat berdasarkan pertanyaan yang muncul dari anak serta karakteristik lingkungan sekitar.

Bahan-bahan yang disediakan oleh guru akan membuat permainan semakin bermakna bagi mereka. Apalagi jika membuka kesempatan untuk menciptakan permainan dan eksplorasi mereka sendiri. Maka hal ini akan membantu mengembangkan kemandirian dan pemikiran kreatif bagi anak. Saat anak memandu permainan mereka sendiri, interaksi sosial terjadi dan hubungan di antara anak pun terbangun. Selain itu, juga dapat mengembangkan bahasa, matematika dan sains, kreativitas dan seni. Namun, sebelumnya guru tentu perlu melakukan rangsangan untuk membangkitkan semangat anak dalam bereksplorasi, misalnya didahului dengan mengamati minat anak-anak, lalu mendorongnya untuk diskusi, eksperimentasi dan menciptakan sesuatu hal yang baru.

Setelah anak-anak memulai studi atau proyek, guru dapat menambah permainan dan eksplorasi pada topik dengan merencanakan dan menyiapkan pengaturan makna di area kelas yang berbeda. Contoh;

  • sebuah konsep, yaitu mengamati perubahan
  • penyelesaian masalah/problem solving, contoh membuka tutup botol minuman, memasang tali sepatu, dan lain sebagainya
  • menyediakan benda atau objek tertentu, misalnya menyediakan plastisin/tanah liat, lalu anak berkreasi untuk membuat suatu bentuk sesuai imajinasinya
  • kesempatan menjelajahi/berekplorasi di alam, misalnya mengajak anak ke sawah atau tempat lainnya. Hal ini dilakukan harus dengan mengutamakan keselamatan anak
  • sebuah pertanyaan, misalnya pertanyaan dari guru, pertanyaan dari anak-anak
  • lirik lagu
  • sebuah acara
  • buku
  • minat yang dimiliki seorang anak atau sekelompok anak
  • membuat pertunjukan kelas
Penulis   : Ifina Trimuliana
Kurator   : Dona Paramita
sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/penguatan-eksplorasi-anak-pada-pendekatan-reggio-emilia?ref=MTUwMC0yNDQxMjcyZg==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=