(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Tugas Guru Penggerak Aksi Nyata Filosofi Ki Hajar Dewantara

Admin disdikpora | 30 Mei 2022 | 253 kali

Diterbitkan:11 September 2021 12:41
Sumber:Ni Made Suwiriyanti Angriyasih, S.Pd_ SMP Negeri 4 Sukasada_ CGP angkatan 2 Kab. Buleleng, Bali
Penulis:NI MADE YUDA SRI ASTUTI
RPP Terkait:Membaca prosa bali purwa
Jenjang:SMP/MTS/Paket B
Kelas:7
Mapel:Bahasa Bali

ini link

https://drive.google.com/file/d/1TV4C8p1muQoladpGSXGTEgGeBAEorRSl/view?usp=sharing

 

Artikel ini tentang aksi nyata filosofi KHD yang dilakukan oleh CGP mulai dari pendahuluan yang isinya latar belakang dan tujuan. kemudian merancang model pembelajaran yang akan dirancang, mendiskusikan dengan siswa dan menerapkan model pembelajaran bermain sambil belajar di dalam kelas maya karena masih dalam situasi pandemi covid-19

Latar Belakang:

  • Pembelajaran jarak jauh yang hanya menggunakan bantuan aplikasi . WhatsApp mengakibatkan tidak sepenuhnya guru dapat memposisikan dirinya layaknya seorang petani yang hendaknya memperlakukan bibit tanaman (murid) sebagai teladan, penyemangat dan pendorong siswanya sangatlah terbatas.
  • Pembelajaran jarak jauh selama ini cenderung hanyalah alur timbal balik pemberian materi/tugas dengan pengiriman tugas hasil pekerjaan siswa. ketuntasan materi saja. Secara kodratnya anak sangatlah suka bermain, untuk menghadirkan pembelajaran 

DESKRIPSI AKSI NYATA 

  • Melakukan sosialisasi / membuka ruang diskusi dengan siswa
  • Merancang model pembelajaran yang dikemas dalam bentuk “bermain sambil belajar”
  •  Menerapkan pembelajaran yang telah dirancang pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi WhatsApp
  • Mefleksi hasil pembelajaran

TUJUAN : 

  • mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan memperhatikan kodrat anak yang mana anak sangatlah suka bermain. Target utamanya adalah memastikan anak untuk tetap mengikuti proses belajar mengajar dengan hati gembira sesuai dengan kodratnya yang senang bermain

TAHAP PROSES DAN HASIL

melakukan sosialisasi, merancang pembelajaran yang akan di terapkan dan membuka ruang diskusi dengan siswa

Menerapkan rancangan pembelajaran secara daring melalui aplikasi WhatsApp dengan konsep  belajar sambil bermain.

Hasil dari Aksi Nyata  

Hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah adanya peningkatan minat siswa 

dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang 

dilontarkan “Kapan kita bermain lagi Bu?” serta adanya peningkatan antusias mereka 

untuk lebih dahulu mendapat giliran bermain. Karena bermain mereka juga adalah 

belajarnya mereka pula, maka peningkatan hasil belajarpun sejalan dengan peningkatan 

minat belajar mereka, meski ada beberapa siswa yang masih mengalami kendala dalam 

memahami konsep saat bermain tersebut. 

 

Pembelajaran yang Didapat dari Pelaksanaan 

 

Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan aksi nyata ini adalah suatu 

keberhasilan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta 

keberhasilan dalam peningkatan hasil belajar siswa pada umumnya

 

Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di Masa Mendatang 

Kedepannya penulis akan melakukan praktik baik ini dengan menggunakan 

aplikasi Zoom atau Google Meet, mengingat dengan aplikasi tersebut dapat 

memangkas waktu yang dibutuhkan dari pada dengan menggunakan video call pada 

WhatsApp tersebut. Selain itu kedepannya penulis juga akan lebih giat menularkan 

hal-hal baik yang sudah dilakukan terkait penerapan bermain sambil belajar kepada 

rekan-rekan guru di sekolah. 

 

https://drive.google.com/file/d/1TV4C8p1muQoladpGSXGTEgGeBAEorRSl/view?usp=sharing

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tugas-guru-penggerak-tentang-aksi-nyata-dari-filosofi-ki-hajar-dewantara/