Diterbitkan | : | 11 September 2021 12:41 |
Sumber | : | Ni Made Suwiriyanti Angriyasih, S.Pd_ SMP Negeri 4 Sukasada_ CGP angkatan 2 Kab. Buleleng, Bali |
Penulis | : | NI MADE YUDA SRI ASTUTI |
RPP Terkait | : | Membaca prosa bali purwa |
Jenjang | : | SMP/MTS/Paket B |
Kelas | : | 7 |
Mapel | : | Bahasa Bali |
ini link
https://drive.google.com/file/d/1TV4C8p1muQoladpGSXGTEgGeBAEorRSl/view?usp=sharing
Artikel ini tentang aksi nyata filosofi KHD yang dilakukan oleh CGP mulai dari pendahuluan yang isinya latar belakang dan tujuan. kemudian merancang model pembelajaran yang akan dirancang, mendiskusikan dengan siswa dan menerapkan model pembelajaran bermain sambil belajar di dalam kelas maya karena masih dalam situasi pandemi covid-19
Latar Belakang:
DESKRIPSI AKSI NYATA
TUJUAN :
TAHAP PROSES DAN HASIL
melakukan sosialisasi, merancang pembelajaran yang akan di terapkan dan membuka ruang diskusi dengan siswa
Menerapkan rancangan pembelajaran secara daring melalui aplikasi WhatsApp dengan konsep belajar sambil bermain.
Hasil dari Aksi Nyata
Hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah adanya peningkatan minat siswa
dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang
dilontarkan “Kapan kita bermain lagi Bu?” serta adanya peningkatan antusias mereka
untuk lebih dahulu mendapat giliran bermain. Karena bermain mereka juga adalah
belajarnya mereka pula, maka peningkatan hasil belajarpun sejalan dengan peningkatan
minat belajar mereka, meski ada beberapa siswa yang masih mengalami kendala dalam
memahami konsep saat bermain tersebut.
Pembelajaran yang Didapat dari Pelaksanaan
Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan aksi nyata ini adalah suatu
keberhasilan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta
keberhasilan dalam peningkatan hasil belajar siswa pada umumnya
Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di Masa Mendatang
Kedepannya penulis akan melakukan praktik baik ini dengan menggunakan
aplikasi Zoom atau Google Meet, mengingat dengan aplikasi tersebut dapat
memangkas waktu yang dibutuhkan dari pada dengan menggunakan video call pada
WhatsApp tersebut. Selain itu kedepannya penulis juga akan lebih giat menularkan
hal-hal baik yang sudah dilakukan terkait penerapan bermain sambil belajar kepada
rekan-rekan guru di sekolah.
https://drive.google.com/file/d/1TV4C8p1muQoladpGSXGTEgGeBAEorRSl/view?usp=sharing
sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tugas-guru-penggerak-tentang-aksi-nyata-dari-filosofi-ki-hajar-dewantara/