(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Tips Melindungi Anak dari Sengatan Matahari

Admin disdikpora | 04 Desember 2023 | 292 kali

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, seperti yang kita ketahui sebagian wilayah Indonesia sedang mengalami musim kemarau yang panjang dan sengatan matahari begitu panas.  Oleh karena itu, penting untuk melindungi mereka untuk mencegah resiko dehidrasi atau bahkan 
risiko seseorang terkena kanker kulit di kemudian hari. 

1.    Langkah pertama perlu dilakukan adalah hindari paparan sinar matahari pada tengah hari ketika sinar matahari paling kuat. Ayah, Bunda Sobat PAUD perlu memberikan pemahaman pada anak bahwa jika tidak ada hal mendesak, hindari keluar rumah saat terik matahari.

2.    Pilih pakaian yang nyaman dan tepat. Pakaian dapat menjadi tindakan perlindungan lain terhadap sengatan matahari, pilihlah pakaian yang berwarna terang dengan bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik, serta hindari penggunaan pakaian yang terbuka agar kulit tidak langsung terpapar sengatan matahari. 

3.    Cukupi kebutuhan cairan dengan Perbanyak minum air putih. Minum air putih yang banyak dapat mencegah anak dehidrasi saat musim panas. Selain itu air putih juga bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

4.    Perhatikan tanda-tanda kulit terbakar matahari. Orang tua perlu peka terhadap tanda-tanda kulit terbakar matahari, seperti muncul kemerahan dan rasa sakit pada kulit. Jika hal ini terjadi saat perjalanan maka segera bawa anak ke tempat teduh dan berikan perawatan kulit yang sesuai. Jika terjadi hal yang mengkhawatirkan segera bawa anak ke dokter.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, kita tidak mampu mengendalikan panasnya paparan matahari. Tetapi setidaknya kita masih bisa membatasi aktivitas-aktivitas yang dapat membahayakan diri. Yuk jaga diri dan lindungi anak-anak kita!!!

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/tips-melindungi-anak-dari-sengatan-matahari?ref=MTg2Ni1mZWE0OTMzOA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=