(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kegiatan Ayah Bersama Si Buah Hati

Admin disdikpora | 29 Agustus 2023 | 382 kali

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, beberapa hasil kajian mengenai peran ayah dalam tumbuh kembang anak saat ini menunjukkan bahwa masih kurangnya peran ayah dalam pengasuhan anak. Seperti kita ketahui bersama, bahwa dalam mendampingi tumbuh kembang anak peran orang tua sangat krusial, namun tidak dapat kita pungkiri sampai saat ini waktu masih menjadi kendala utama terkait dengan kurangnya peran Ayah tersebut. Hal tersebut dapat dikarenakan dengan berbagai alasan, salah satunya adalah waktu yang dihabiskan oleh Ayah lebih banyak tersita  untuk bekerja yang juga merupakan kewajiban utama seorang Ayah. Namun jangan khawatir, Ayah tetap dapat terlibat dengan menyediakan waktu yang berkualitas bagi anak.  Yuk, kita pelajari bersama apa saja kegiatan yang bisa ayah lakukan dengan anak sebagai bagian dari pengasuhan yang positif serta meningkatkan peran ayah dalam kehidupan anak.

1.    Membacakan Buku Cerita
Ayah dapat membacakan cerita atau buku sejak anak dalam kandungan dan setelah anak lahir, memberikan anak kesempatan untuk berinteraksi dan berbicara tentang isi cerita saat membaca bersama untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak serta memperkuat ikatan antara ayah dan anak. Kegiatan membacakan buku cerita ini dapat menstimulasi kemampuan berbicara anak sekaligus menambah perbendaharaan kosa kata anak.

2.    Menggambar dan mewarnai
Ajak anak menggambar berbagai bentuk sesuai imajinasinya. Awalnya anak hanya akan membentuk sebuah goresan, coretan, sampai nantinya dapat menyerupai sebuah bentuk. Hargai semua usaha anak, berikan pujian kecil yang nantinya dapat mengembangkan percaya diri anak sejak dini. Fasilitasi anak dengan memberikan berbagai media, seperti pensil, kertas, crayon, pensil warna, cat air, dan sebagainya. Selanjutnya biarkan anak memberikan warna ke gambar tersebut dengan berbagai jenis alat mewarnai yang aman dan sesuai usianya. Kegiatan menggambar dan mewarnai bersama anak dapat melatih kemampuan motorik halus, visual, dan kreativitas anak.

3.    Bermain Peran
Bermain peran dengan anak, seperti bermain dokter-dokteran atau bermain masak-masakan adalah cara menyenangkan untuk berinteraksi dan memperkuat hubungan ayah dengan anak serta meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Ajak anak untuk belajar hal-hal baru Bersama. Ayah dapat mengenalkan alat sederhana yang biasa dipakai oleh dokter, misalnya thermometer, steteskop, jarum suntik, dan sebagainya. Ayah juga dapat mengenalkan kompor, wajan, sendok, dan lain sebagainya. Kegiatan bermain peran juga sangat bermanfaat untuk menambah kosa kata anak nantinya.

4.    Kegiatan Fisik/olahraga bersama
Melakukan kegiatan fisik bersama anak, seperti bersepeda, bermain bola, atau berjalan-jalan di taman adalah cara yang baik untuk berinteraksi secara aktif dan sehat. Kegiatan fisik juga membantu membangun ikatan emosional antara ayah dan anak.

5.    Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Ayah dapat melibatkan anak dengan kegiatan yang sederhana seperti mengajak anak  memasak bersama, seperti mengoles roti dengan selai, membersihkan rumah dengan menyapu, atau merapikan tempat tidur setelah anak bangun tidur adalah cara yang baik untuk mengajarkan tanggung jawab dan bekerja sama. Ayah bersama anak terlibat dalam pekerjaan rumah tangga yang sederhana dan pastinya kegiatan tersebut dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna.

6.    Berwisata
Kegiatan ayah dan anak lainnya yang tidak kalah seru adalah berwisata, seperti ke kebun binatang, taman, pantai, danau, atau tempat wisata lainnya. Berkunjung ke tempat wisata membuat anak memiliki pengalaman baru yang penting untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak dapat banyak bereksplorasi di tempat wisata, berimajinasi, dan juga menikmati alam bebas.

Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, ingatlah bahwa anak sangat membutuhkan pendampingan dalam tumbuhkembangnya. Perhatian, kasih sayang, dan dukungan emosional pada anak adalah kebutuhan dasar setiap anak. Melakukan kegiatan bersama dengan penuh kegembiraan dan kasih sayang akan membantu meningkatkan ikatan antara ayah dan anak, serta memperkuat peran ayah dalam pengasuhan positif.

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/kegiatan-ayah-bersama-si-buah-hati?ref=MTcyOC03MDYwYjU5MA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=