(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Manfaat Mengikuti Program Sekolah Penggerak bagi Satuan PAUD

Admin disdikpora | 28 November 2023 | 423 kali

PAUDPEDIA--Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah program yang dicanangkan untuk mendorong proses perubahan satuan pendidikan dalam meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara menyeluruh baik dari aspek kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Program sekolah penggerak pada PAUD mengacu pada visi merdeka belajar, merdeka bermain untuk memperoleh pendidikan berkualitas bagi anak usia dini sehingga dapat tumbuh optimal dan siap bersekolah. Visi ini dituangkan dalam pemaknaan PAUD berkualitas yang memiliki tiga tujuan umum: 1) meningkatnya partisipasi masuk di satuan PAUD sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar, 2) menguatkan tata kelola sehingga tersedia layanan PAUD yang inklusif, terjangkau, dan merata, serta 3) memastikan proses belajar berkualitas dan bermakna agar anak bertumbuh dan berkembang secara menyeluruh. Satuan PAUD dapat memperoleh berbagai manfaat saat mengikuti program sekolah penggerak,  seperti: 

1.    Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan
Program sekolah penggerak dapat meningkatkan kualitas layanan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak di satuan PAUD melalui berbagai aktivitas yang dirancang dalam pelaksanaan program sekolah penggerak di satuan PAUD masing-masing. 

2.    Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di satuan PAUD
Program sekolah penggerak memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan kompetensi sehingga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyelenggarakan aktivitas bermain di satuan PAUD. Penguatan pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif  satu per satu dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud.

3.    Mendukung Digitalisasi di Satuan PAUD
Program sekolah penggerak mempercepat proses dokumentasi dan pelaporan manual ke teknologi digital di satuan PAUD. Pemanfaatan beragam platform digital memiliki tujuan untuk mengurangi kerumitan, meningkatkan efisiensi, menambahkan inspirasi, dan menyediakan pendekatan yang dibuat sesuai kebutuhan.

4.    Menunjang Pencapaian Profil Pelajar Pancasila Sejak Usia Dini
Satuan PAUD yang melaksanakan program sekolah penggerak berkesempatan untuk ikut terlibat dalam percepatan (katalisator) perubahan bagi satuan PAUD lain di sekitar dan menunjang pencapaian profil pelajar Pancasila sejak usia dini.

5.    Memperoleh Dukungan Anggaran dan Perangkat Belajar Penunjang
Satuan PAUD yang melaksanakan program sekolah penggerak mendapatkan pendampingan yang efektif dan terus menerus maupun memperoleh dukungan anggaran dan perangkat belajar penunjang dalam menyelenggarakan program sekolah penggerak di satuan PAUD. 

Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, ayo dukung program sekolah penggerak dengan mendaftarkan diri melalui tautan https://app-sekolahpenggerak.simpkb.id/pendaftaran-sekolah-penggerak demi mewujudkan layanan PAUD berkualitas dan profil pelajar Pancasila.

Sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/manfaat-mengikuti-program-sekolah-penggerak-bagi-satuan-paud?ref=MTg2My1iNTM0ZWQ4Yw==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=