(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Lewat Senam Irama

Admin disdikpora | 21 Juli 2021 | 1392 kali

Diterbitkan : 11 Juli 2021 19:25
Sumber : Kontan.co.id dan analisis PJOK MIN TOUNA
Penulis : ABD.AKSAN SY BAHRI
RPP Terkait : RPP PJOK KLS 3 semester 2 MIN TOUNA
Jenjang : SD/MI
Kelas : 3
Mapel : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang kuat merupakan salah satu perisai untuk membentengi diri dalam menghadapi masa pandemi COVID-19. Berolahraga secarara teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh, kebugaran, dan daya tahan tubuh pada masa pandemi COVID-19.

Masa pandemi COVID-19 baru mengubah sebagian besar kehidupan manusia, termasuk rutinitas berolahraga mereka. Orang pun memanfaatkan apa yang mereka miliki di rumah untuk tetap berolahraga. Begitu juga halnya dengan pesertadidik MIN TOUNA, yang telah mengikuti himbauan serta surat edaran pemerintah terkait pembelajaran di rumah.

Berolahraga di rumah saat pandemi COVID-19 bertujuan untuk membuat Pesertadidik MIN TOUNA tetap aktif meskipun terisolasi secara sosial. Apalagi, dengan berolahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penularan COVID-19. Bagi banyak orang, berolahraga di rumah di lakukan dengan joging di tempat, push-up, pull-up, sit-up, atau lompat tali.akan tetapi, sebagian orang merasa bosan dengan gerakan-gerakan olahraga yang monoton. begitu juga halnya yang dirasakan oleh Pesertadidik MIN TOUNA yang melakukan aktivitas pembelajaran dan berolahraga di rumah.

Olahraga senam irama adalah tipe olahraga yang bertolak belakan dengan olahraga yang lebih awam seperti jenis olahraga yang disebutkan di atas. Pasalnya, olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan paru dan jantung sehingga relatif aman dilakukan oleh Pesertadidik MIN TOUNA ketika melakukannya di rumah saja. selain itu, berolahraga dengan senam irama di rumah dapat memberikan manfaat kepada Pesertadidik MIN TOUNA seperti :

  • Memiliki Gerakan Yang Tidak Monoton

Tidak seperti olahraga awam yang gerakannya itu-itu saja yang membosankan pesertadidik berdiam diri di rumah. ada banayak gerakan senam irama yang telah diajarkan kepada pesertadidik MIN TOUNA yang bisa dipraktikan di rumah. Dengan kata lain mereka melibatkan nyaris semua anggota tubuh dalam satu gerakan senam irama sehingga dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih lentur.

  • Membuat Pesertadidik tidak rentan cedera

manfaat senam irama ini berhubungan dengan kelenturan yang diciptakan saat dilakukan secara rutin di rumah. Tubuh yang lebih fleksibel terbukti jarang mengalami cedera, sekalipun mereka dituntut melakukan aktivitas berat.

  • Melatih Keseimbangan Pesertadidik

Dengan senam irama, pesertadidik dapat melatih keseimbangan untuk memperbaiki postur sehingga meminimalisir resiko mengalami pembengkokan tulang belakang.

  • Menyehatkan Mental Pesertadidik

Dengan adanya intruksi pemerintah terkait pembelajaran yang dilakukan di rumah yang dapat mempengaruhi mental Pesertadidik MIN TOUNA, maka dari itu pembelajaran PJOK dengan materi gerakan senam irama dapat memberikan kemampuan kepada Pesertadidik dalam memecahkan masalah dan fokus Pesertadidik lebih baik sehingga nilai akademisi mereka juga lebih baik dari Pesertadidik yang tidak melakukan gerakan senam irama.

dengan berbagai maanfaat senam irama di atas, dapat memberikan kontribusi kesehatan kepada Pesertadidik MIN TOUNA pada masa pandemi COVID-19 dengan mengikuti standarisasi yang di keluarkan oleh Pemerintah.

 

Sekian dan Terimah kasih…..!!!!