(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Empat Kata Ajaib yang dibiasakan diucapkan pada Anak

Admin disdikpora | 19 September 2023 | 265 kali

PAUDPEDIA —Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, mengucapkan kata maaf, tolong, permisi dan terima kasih adalah tindakan yang memiliki banyak keistimewaan dan manfaat dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Empat kata yang dibiasakan diucapkan oleh anak, sebaiknya juga terbiasa diucapkan oleh orang tua atau guru sebagai model bagi anak.  Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, jangan pernah gengsi untuk mengucapkan empat  kata Ajaib ini karena dapat memberikan banyak keistimewaan, apa saja keistimewaannya? Yuk Simak penjelasan berikut ini:

1.    Tolong: memperkuat hubungan sosial dengan anak, saat mengucapkan kata ini kita menunjukkan rasa hormat terhadap mereka, meminta bantuan dengan sopan dan tidak terkesan memerintah. Anakpun cenderung merasa lebih nyaman berinteraksi dan juga siap membantu saat membutuhkannya. Kebiasaan ini akan ditiru olehnya sehingga kedepannya ia juga akan bersikap yang sama, mengucapkan kata tolong jika sedang membutuhkan bantuan. 

2.    Maaf: katakan “maaf” jika memang Ayah, Bunda tanpa sengaja telah melakukan kesalahan. Tidak perlu gengsi meminta maaf sekalipun itu kepada anak sendiri. Meminta maaf menunjukkan sikap sportivitas yang hormat terhadap norma dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kata maaf ini juga menunjukkan rasa bertanggung jawab sehingga saat ia besar nanti tidak suka melempar kesalahan terhadap orang lain.

3.    Terima kasih: kata ini memang kedengaran biasa aja, tetapi yang perlu diketahui di dalamnya terkandung banyak makna. Membiasakan mengucapkan terima kasih berarti telah menunjukan sikap menghargai bantuan/kontribusi seseorang. Jadi, ucapkan terima kasih pada anak walaupun sesederhana saat ia meletakkan barang pada tempatnya.

4.    Permisi: langkah yang sopan dan membiasakan anak tentang etika dan tata krama sosial. Saat berbicara dengan anak, berikan contoh penggunaan kata "permisi" sesuai dengan momen dan konteksnya. Ketika berbicara dengan anak, berikan contoh penggunaan kata "permisi" secara positif. Jika anak ia telah menggunakan kata "permisi" dengan baik, berikan pujian padanya sebagai bentuk penguatan dan apresiasi perilaku baik yang telah ia lakukan. 

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, yuk biasakan anak untuk mengucapkan empat  kata ajaib ini agar ia tumbuh sebagai pribadi yang berkarakter yang menghargai orang lain. Yuk selalu berikan contoh-contoh terbaik bagi anak-anak kita!!

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/empat-kata-ajaib-yang-dibiasakan-diucapkan-pada-anak?ref=MTcwMi00Njc5YjQ4MA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=