(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.terutama penguatan nilai Karakter atau Akhlak

Admin disdikpora | 18 Mei 2022 | 883 kali

Kegiatan : Motorik kasar,mengambil gelas minum.Alat dan Bahan: gelas air mineral.
Pembukaan: Bercerita tentang bagaimana tanaman bisa bertahan hidup,dengan kita menyirami tanaman dengan airBercerita macam-macam tanaman yang tumbuh di ladang,yang bisa untuk contoh menggambar.Misalnya tanaman lobak,wortel,kentang. Bahan/Alat : Kertas gambar bergambar tanaman bunga mawar.gayung,air.Gambar kentang ,lobak, wortel,pensil,penghapus ,pensil warna, crayon, cat air,kardus bekas air mineral.

Merobek kertas yang sudah tidak dipakai menggambar menyerupai tanaman,contoh bunga mawar.kemudian ditempel pada kardus bekas air mineral.

Inti: Mengambil air , dengan bantuan gayung ,menyiramkan air pada tanaman.Alat/Bahan: Gayung,air.

Bernyanyi tik tik bunyi hujan. Alat/Bahan : hp,

Menyebutkan makhluk hidup yang membutuhkan air,termasuk manusia. Alat/Bahan : Gambar, buku cerita,buku cerita gambar sayuran, dan tumbuh tumbuhan.Bercerita di masa covid-19 anak anak harus sehat dengan makan banyak sayuran.agar tubuh cukup imun untuk menangkal covid-19.Air juga dibutuhkan tubuh agar tetap bugar dan sehat.Anak-anak bersama orang tua harus rajin minum air agar tida kekurangan cairan,dan dehidrasi.Tanya jawab,orang tua bisa memberi pertanyaan kepada anak:Apakah pagi ini ananda sudah minum air?maka ananda macam macam jawabnya: ada yang menjawab sudah,ada yang menjawab saya minum susu.Orang tua juga bisa memberi kebebasan,kalau anak perempuan bermain pasaran ibu ibuan boleh bermain dengan air akan tetapi ada batasnya..diberi pengertian,boleh bermain air tetapi tidak banyak dan tidak lama,karena dengan bermain sedikit air kita bisa menghemat air.karena air dibutuhkan semua mahkluk hidup termasuk kita manusia.tidak bermain air lama karena jika basah pada baju dan tidak kekas ganti baju yang basah kita menjadi kedinginan,kalau sudah kedinginan ananda bisa menjadi sakit perut,batuk,pilek,jadi ananda diberi pengertian.sedikit demi sedikit pasti bisa menerima.tapi tidak semua mau bahkan jika ananda laki laki cenderung air dicampur tanah jadi air tidak disiramkan ke tanaman akan tetapi disiramkan ke tanah,jadilah semen untuk bangunan,katanya untuk membuat jembatan.

Penutup : Menguatkan konsep bahwa air dibutuhkan semua makhluk hidup.Penguatan nilai karakter: Bahwa anak sejak dini harus sudah dibiasakan minum dengan duduk.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/memberikan-pengalaman-belajar-yang-bermakna-bagi-siswa-terutama-penguatan-nilai-karakter-atau-akhlak/