(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Ajarkan Anak Mengelola Uang Sejak Dini

Admin disdikpora | 15 Agustus 2017 | 646 kali

Literasi keuangan atau kesadaran mengenai perlunya mengelola keuangan perlu diberikan orang tua pada anak-anaknya sejak usia dini. Karena itu, menurut psikolog Kassandra Putranto, peran anggota keluarga menjadi penting dalam membentuk kesadaran keuangan anak.

Menurut pemilik biro konsultasi psikologi Kasandra & Associates, Jakarta, ini, ada tiga hal yang bisa diajarkan di level keluarga yaitu pengelolaan penghasilan, pengelolaan biaya, dan pengelolaan keuangan. Rincinya, pengelolaan penghasilan artinya seseorang harus mengetahui dari mana sumber penghasilannya. Seorang anak perlu dilatih untuk bisa memperoleh penghasilan sebanyak-banyaknya sedari kecil.

"Kalau dari kecil atau masa remaja kerjaannya main-main atau hura-hura, pesta, dia tidak bisa memiliki kemampuan (mengelola penghasilan)," jelas Kasandra. Kemudian, pengelolaan biaya artinya mengenalkan anak untuk mendapatkan sesuatu dengan biaya serendah-rendahnya. Misalnya, dengan tidak malu membeli barang dengan harga diskon.

Berikutnya, edukasi keuangan sejak dini bisa dimulai dengan membiasakan bicara tentang keuangan di lingkungan keluarga sebagai bentuk keterbukaan dan pembelajaran di lingkungan terdekat.

Melalui pendekatan psikologis ini, interaksi yang positif di lingkungan keluarga bisa tercipta dan para orang tua dapat dengan aktif mengajarkan anak – anaknya untuk dapat menghargai setiap nilai uang yang mereka miliki. (Yanuar Jatnika)

 

sumber : http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4243