(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Banyak Manfaat Ajarkan Komputer Sejak Dini

Admin disdikpora | 05 November 2018 | 797 kali

Bila anak Anda mulai tertarik dengan komputer atau laptop, sebagai orang tua jangan langsung dilarang. Perlu Anda tahu, ada beberapa keuntungan belajar komputer atau laptop sejak dini. Orang tua harus lebih menyadari, tantangan masa depan pasti akan lebih dinamis dan kompetitif.

Kalau begitu, kapan sebenarnya anak bisa mulai mengenal komputer? Banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai awal usia yang baik untuk memulai belajar komputer. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.

Apa saja keuntungan bagi anak yang belajar komputer sejak dini.

Pertama, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik

Kedua, anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

Ketiga, anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

 

Selain manfaat yang positif, pasti ada risiko dan dampak negatif komputer pada anak. Bisa jadi anak lebih senang duduk di depan komputer seharian daripada melakukan hal-hal lain.

Di sinilah peran Orang tua untuk menyeimbangkannya dengan kegiatan lain. Jadi, anak tetap terasah kemampuannya di bidang lain, seperti keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi. Fuji Rahman