(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Cara Membentuk Bakat Anak

Admin disdikpora | 03 Juli 2018 | 644 kali

Pada artikel Cara Mengenali Bakat Anak, saya sudah menjelaskan pengertian bakat dan cara mengenali bakat anak. Jika sudah mengetahui bakat anak, orang tua dan guru kemudian bisa mengembangkan bakat anak sampai dia kemudian berprestasi.

Lingkungan mempunyai peran dalam mengarahkan bakat anak. Agar orang tua dan guru bisa mendesain dan merekayasa lingkungan dengan tepat untuk membentuk bakat anak, maka orang tua dan guru harus mengetahui tiga aspek berikut.

Pertama, aspek perseptual. Ini terkait dengan persepsi atau sudut pandang. Jika persepsi anak tinggi dalam bidang teknologi, bakat anak dalam bidang teknologi berpeluang besar terbentuk. Jika persepsi anak tinggi terhadap olah raga, maka bakat anak di bidang olah raga pasti tinggi. Untuk itu, membangun persepsi bagi anak sejak kecil menjadi penting.

Kedua, aspek psikomotor. Ini terkait dengan gerak dan aktivitas anak. Bakat anak akan terbentuk, jika si anak melakukan aktivitas sesuai bakatnya secara intensif. 

Ketiga, aspek intelektual. Ini terkait dengan penguasaan ilmu pengetahuan yang luas. Misal, jika anak berbakat di bidang sepak bola, maka anak biasanya akan mengetahui banyak tentang sepak bola.

Dari ketiga aspek inilah, maka kita sebagai orang tua dan guru, sejak dini bisa mengarahkan bakat anak. Dengan proses pembentukan bakat sejak awal inilah, maka ke depan anak-anak akan menjadi anak yang berbakat. (Heru Kurniawan, Pimpinan Rumah Kreatif Wadas Kelir, Purwokerto selatan)