(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Ciptakan Rumah yang Bikin Anak Betah

Admin disdikpora | 09 April 2018 | 870 kali

Rumah seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi penghuninya. Namun apa jadinya bila anak-anak lebih senang main di luar rumah atau main di rumah temannya daripada main di rumah. Jangan dulu salahkan si anak, mungkin saja suasana rumah membuat si anak merasa tidak aman, tidak nyaman, dan tidak mendukung aktivitasnya.

Bila si anak tidak betah di rumah, bagaimana bisa terjalin kedekatan dengan orang tua atau dengan anggota keluarga lainnya.

Agar anak merasa betah di rumah, mengajak main temannya di rumah, dan melakukan berbagai aktivitas di rumah, ada baiknya orang tua menciptakan suasana rumah yang menyenangkan dengan cara seperti ini:

 

Atur rumah agar bersih

Atur tata ruang rumah dengan baik, rapi dan bersih.Sebaiknya ajak anak untuk menata rumah, dimana tempat bermain, tempat belajar dan sebagainya. Ajarkan juga untuk membuat rumah selalu bersih dan rapi, seperti meletakkan mainan pada tempatnya atau membersihkan kamar.

 

Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah Tangga

Sekali-kali ajar anak ikut memasak, membereskan kamar, atau mencuci mobil, tentunya sesuai kemampuan, usia  dan kondisi si anak.

 

Ubah Dekorasi Kamar Anak

Jika memungkinkan anggarannya, cobalah mengubah dekorasi rumah, seperti mengganti cat dinding, mengganti furnitur yang sudah rusak, memasang hiasan yang baru atau lain-lainnya. Akan lebih baik memasang hasil karya anak seperti gambar, kerajinan atau lainnya.

 

Temani Anak Saat Bermain di Rumah

Bila waktu memungkinkan, orang tua mengajak anaknya bermain. Perhatikan dan berikan respon ketika anak mengajak bermain. Anda juga bisa mengizinkan teman anak atau saudara untuk main ke rumah.

 

Kenali Bakat Anak

Kenali bakat anak dan arahkan sesuai bakat itu dengan memberikan fasilitas yang mendukungnya. Misal anak memiliki hobi memasak atau bermain musik, Anda bisa memberikan fasilitas agar kegiatan tersebut bisa dilakukan di dalam rumah.

 

Buat Kemah di dalam Rumah

Agar anak tidak bosan, nggak ada salahnya mencoba mendirikan tenda di rumah, bisa di dalam atau di halaman rumah. Yanuar Jatnika