(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Doronglah Anak Agar Mudah Bergaul

Admin disdikpora | 07 Maret 2018 | 616 kali

Tahukah  Anda, beberapa penelitian menunjukkan, seseorang yang gampang bergaul atau bersosialisasi akan lebih percaya diri, nyaman, dan kehidupannya  lebih sehat dan bahagia, dibandingkan mereka yang  jarang bergaul dan tidak mempunyai teman. Karena itu, doronglah anak Anda secara dini untuk terbiasa bertemu banyak orang, berkenalan dengan orang sekitar dan mengenal lingkungannya.

Cobalah untuk menggunakan rumah Anda sebagai tempat belajar bersama dan berkumpul teman-teman sekolahnya, atau teman-teman di sekitar rumah. Kalau memungkinkan, sediakan ruangan khusus tempat berkumpul dan belajar anak dengan teman-temannya. Pada saat-saat tertentu, undanglah teman anak Anda untuk datang ke rumah.

Beri tahu tetangga atau orang tua teman anak Anda, bahwa anaknya boleh bermain di rumah Anda dan bisa ditengok kapan saja. Jika mampu, sediakan alat-alat kreatif, seperti tape recorder, meja tenis meja, alat masak-masakan, main dokter-dokteran, dan jenis-jenis permainan kreatif lainnya.

Cara lain yang dapat Anda lakukan agar anak mudah bersosialisasi adalah dengan mengikutsertakan anak pada kegiatan kesenian, olahraga, atau kegiatan lainnya.  

Seringkali ditemukan anak yang susah bersosialisasi, susah bergaul, maunya di rumah saja, sendirian, tidak mempunyai teman. Bila anak Anda tipe seperti itu, jangan segan dan ragu untuk berdiskusi dengan guru atau guru pembimbing.

Kalau masalah sosialisiasi yang dihadapi anak Anda terlihat berat atau akut, mungkin Anda perlu segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Bisa juga mengikut sertakan anak Anda pada kursus-kursus kepribadian yang dapat mengajarkan cara bergaul dan bersikap mandiri. *