(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Flipped Classroom Model Solusi bagi Pembelajaran Darurat Covid-19

Admin disdikpora | 14 Agustus 2020 | 631 kali

 

Dampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih berkepanjangan dan sangat

dirasakan dunia pendidikan. Sistem pembelajaran di sekolah pada tahun ajaran baru

2020/2021 yang akan dimulai pada pertengahan Juli 2020 pun belum berjalan normal. Masih

banyak daerah tergolong zona merah, kuning dan oranye belum bisa melakukan sistem

pembelajaran secara tatap muka. Tentu saja hal ini membuat kepala sekolah dan guru berpikir

keras apa yang harus dilakukan agar layanan pendidikan tetap berjalan dengan baik.

Dengan kondisi tersebut, sangat mungkin kedatangan siswa ke sekolah akan dibatasi, baik

jumlah hari maupun jumlah siswa per kelas. Bisa jadi, siswa hanya belajar 2 atau 3 hari di

sekolah, selebihnya belajar di rumah. Begitu juga agar jaga jarak bisa dilakukan, setiap kelas

diisi separuh siswa saja, separuh lagi masuk hari berikutnya. Dengan kondisi seperti ini, para

kepala sekolah dan guru terus mencari model pembelajaran efektif dan efisien digunakan

pada kondisi di tersebut.

 

Salah satu model yang bisa digunakan adalah flipped classroom (pembelajaran

terbalik). Flipped classroom adalah model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar dikelas mempelajari materi lebih dahulu di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan oleh

guru. Metode ini juga digunakan oleh guru ketika ada siswa yang tidak hadir di kelas karenasesuatu hal. Guru bisa membuat video apa yang diajarkannya dan diberikan kepada yang

tidak masuk kelas tersebut.

Jon Bergmann dan Aaron Sams, yaitu guru kimia SMA Woodland Park di Colorado,Amerika Serikat, menggunakan metode ini untuk membantu para siswanya yang tidak masuk

kelas dengan membuat video pembelajaran apa yang sudah mereka ajarkan. Hasilnya sangabagus, siswa bisa mengikuti pelajaran dan tidak ketinggalan. Model ini akhirnya dipakai jugaoleh siswa yang sudah belajar di kelas sebagai bahan memperdalam materi yang sudahdipelajarinya.

Guru sebelum membahas materi yang akan di ajarkan memberikan tugas terlebih dahulu

kepada siswa untuk mempelajari materi yang ada dalam media pembelajaran. Model belajaseperti ini membuat siswa dituntut untuk lebih mandiri karena mereka mempelajari bahan

terlebih dahulu sebelum ada pertemuan di kelas. Model ini juga membuat siswa lebih aktikarena dorongan keingintahuan mereka juga lebih tinggi.

Model ini juga cocok sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi EraIndustri 4.0. Perubahan model belajar ini tentu membutuhkan pelatihan dan kesiapan guru,tenaga kependidikan, dan para pejabat pendidikan dalam merancang rencana pelaksanaanpembelajaran dan media pembelajaran yang compatible dengan perkembangan teknologi saaini.

Guru bisa dengan mudah mengunduh materi yang akan dipelajari siswa dariberbagai learning management system (LMS) yang sudah tersedia, baik dari Kemdikbud,

yaitu Rumah Belajar dan TV Edukasi, maupun menggunakan LMS dari swasta yang dapadiunduh secara gratis. Materi diserahkan kepada siswa dengan diberi penjelasan apa yang

harus dikerjakan dan akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

Pada saat siswa datang ke sekolah, guru tinggal membahas dengan mereka, misalnya siswa

diminta mempresentasikan apa yang telah dipelajari. Dengan demikian, siswa terlatih

mengomunikasikan apa yang dipelajari kepada teman sejawat.

Untuk memperdalam materi yang dipelajari, guru juga bisa mengajak siswa berdiskusi dalam

kelompok kecil. Guru berperan sebagai fasilitator dan berkeliling kelas untuk memotivasi

sekaligus memantau keaktifan siswa dalam berdiskusi.

 

Dengan model ini, siswa tidak perlu hadir ke sekolah tiap hari. Jadi, seandainya tahun ajaran

baru nanti siswa harus masuk sekolah di selang-seling, metode ini sangat bagus. Siswa akan

mengerjakan tugas pada saat di rumah selama tiga hari dan masuk ke sekolah belajar di kelas

selama tiga hari. Model ini cocok untuk mengoptimalkan waktu di kelas yang terbatas dan

juga akan melatih siswa untuk mengelola waktu dengan baik.

Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan metode flipped classroom lebih baik?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika dan juga beberapa sekolah di Indonesia

yang sudah mempraktikkan flipped classroom, hasilnya sangat menggembirakan dan

kualitasnya lebih baik. Para siswa yang mempraktikkan metode ini motivasi belajarnya

sangat tinggi, kreativitasnya meningkat, tanggungjawab meningkat, siswa lebih aktif dalam

PBM di kelas, dan nilai akademiknya lebih baik jika dibandingkan cara belajar tradisional.

Begitu juga para guru juga merasa punya waktu lebih untuk berinteraksi dengan siswa.

Dengan model ini, tujuan kita untuk membekali kemampuan siswa untuk berpikir kritis

(critical thinking), bekerjasama (collaborative), kemampuan berkomunikasi (comunication

skills), dan berpikir kreatif dan inovatif (creative/innovative) dapat kita laksanakan dengan

baik. Guru tidak mendominasi waktu di kelas. Interaksi guru dan siswa semakin baik dan

semakin menyenangkan.

Semoga flipped classroom bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran saat

pandemi Covid-19 masih menghantui kita semua. Semoga Anak-anak kita tetap bisa belajar

dengan nyaman. (Didik Suhardi, Ph.D)

 Download PDF File disini

 

Sumber : https://suyanto.id/

http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/flipped-classroom-model-solusi-bagi-pembelajaran-daruratcovid-19/