(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Hadapi Era Digital, Bimbinglah Anak dengan Hati

Admin disdikpora | 01 September 2016 | 1057 kali

Di era digital saat ini, teknologi informasi adalah sesuatu hal yang tidak dapat dipungkiri, apalagi dihindarkan. Apabila dihindari, kita akan semakin tertinggal dan kalah bersaing dengan negara-negara lain.Karena itu, anak-anak kita harus menguasai teknologi Informasi untuk dapat bersaing dengan negara lain. Di sisi lain, juga disadari, mengalir derasnya informasi juga berdampak negatif pada perkembangan anak-anak kita, terutama dari sisi moral, agama, budi pekerti dan karakter. Hal ini terkait dengan masuknya konten pornografi, kekerasan atau budaya yang tidak sesuai dengan adat dan budaya bangsa Indonesia.Maka yang diperlukan adalah bagaimana orang tua hadir dan melakukan kontrol terhadap anak-anak kita dalam hal  penggunaan teknologi informasi.

Ada 3 hal yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak di era digital:

Bimbinglah anak-anak dengan hati

Ketika anak-anak menggunakan handphone , gadget, komputer dan peralatan digital lainnya, orang tua harus hadir & membimbingnya dengan hati, berikan batasan kepada anak-anak, mana yang baik dan mana yang kurang baik. Jadikanlah teknologi informasi sebagai alat untuk mempermudah belajar dan mencari ilmu, dan  menumbuhkan karakter dan budaya prestasi.

Komunikasi dari hati ke hati

Orang tua harus menjalin komunikasi yang baik dengan anak, bicaralah dengan menghadirkan hati, sehingga akan tumbuh jalinan komunikasi yang baik antara anak dan orang tua, yang pada akhirnya akan tumbuh rasa saling percaya dan saling menjaga nama baik. Mensitir sebuah lagu, "Apabila seorang anak disentuh hatinya, maka apapun yang diinginkan oleh orang tuanya, anak akan menurutinya".

Jadilah sebagai teladan di keluarga

Ketika orang tua berada di rumah, hadirkanlah fisik dan psikisnya. Tidak baik apabila orang tua berada di rumah, tetapi masih bermain WA dengan teman-temannya, bermain facebook dengan koleganya, bermain game, update status, mempunyai film-film atau file-file yang kurang baik ditonton oleh anak-anak. Mulai sekarang, jadilah orang tua teladan bagi anak-anaknya di rumah, yang dapat menginspirasi bagi anak-anaknya untuk berprestasi dalam hal-hal yang baik.

Download disini