(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Inil, Panduan untuk Orang tua yang Anaknya Nonton Youtube

Admin disdikpora | 01 November 2018 | 764 kali

Youtube merupakan sebuah laman berbagi video yang sangat populer. Situs ini memungkinkan para pengguna menonton dan mengunggah video. Lantas, berapa usia ideal bagi yang ingin menonton video di Youtube?

Dokumen petunjuk penggunaan Youtube menyarankan laman tersebut sebaiknya digunakan untuk yang berusia 13 tahun ke atas. Youtube juga memiliki laman khusus untuk anak-anak, yakni Youtube Kids yang memperbolehkan pengguna anak-anak mengakses.

Namun, sebagian besar anak-anak di Inggris justru menilai aplikasi tersebut sudah layak digunakan anak berusia di atas 12 tahun. Para orang tua juga menilai Youtube boleh diakses anak-anak berusia 11 tahun.  Hal tersebut tercantum dalam hasil survei Net Aware, sebuah organisasi keselamatan berinternet di Inggris yang mensurvei 2.059 anak.  

YouTube yang dikembangkan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim tersebut memiliki risiko memunculkan kekerasan, potensi pelecehan seksual dan perundungan atau bullying.  

Sebanyak 14% dari anak-anak dan orang muda yang meninjau Youtube merasa bahwa laman tersebut tidak aman. Sebab, dapat mengandung konten negatif, iklan yang kurang pantas untuk anak-anak, serta ada beberapa youtuber, sebutan pengguna Youtube, yang kerap mengunggah hal yang negatif.

Namun, Youtube juga mengandung ribuan video yang bermanfaat dan memiliki konten positif. Banyak video di youtube yang mengandung pesan pendidikan, dan hal-hal positif lain. YouTube yang berawal dari sebuah perusahaan teknologi rintisan itu juga memiliki fasilitas untuk menghalau video-video yang mengandung konten negatif.

Net Aware menyarankan sebaiknya orang tua memantau anaknya dalam menggunakan Youtube, dan pastikan usianya sudah layak menggunakan media tersebut. Selain itu, ada baiknya orang tua meminta anaknya untuk tidak mengunggah video mereka yang mengandung konten negatif. Hal tersebut di dapat diatur dalam menu setelan yang ada di dalam laman tersebut.

(Yohan Rubiyantoro/Subdit Kemitraan)