(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Inilah 10 Golden Rules yang Perlu Diajarkan kepada Anak TK

Admin disdikpora | 22 April 2019 | 1674 kali

 Berbagai penelitian mengungkapkan tentang pentingnya pendidikan usia dini bagi perkembangan karakter anak-anak. Para psikolog, neurosains dan pakar pendidikan pun mengamini hal ini.

Salah satunya Robert Fulghum, seorang pendidik dan penulis asal Amerika Serikat. Ia mengatakan, pondasi karakter anak dapat dibangun sejak mereka masuk taman kanak-kanak. Dalam buku legendarisnya, All I really Need to Know I Learned in Kindergarten, ia menuliskan 10 golden rules atau prinsip yang perlu diajarkan kepada anak TK.

Kesepuluh prinsip tersebut yaitu:

  1. Biasakan berbagi  
  2. Bermainlah sesuai aturan
  3. Jangan melukai/memukul orang lain
  4. Kembalikan barang/mainan yang telah dipakai ke tempat semula
  5. Jangan mengambil sesuatu yang bukan milik kita
  6. Ucapkan maaf bila menyakiti seseorang
  7. Cuci tangan sebelum makan
  8. Siram/bilas setelah buang air
  9. Jangan lupa minum susu dan makan makanan bergizi
  10. Jalani hidup seimbang, bermain sambil belajar

Menurut Fulghum, jika anak-anak diajarkan sepuluh prinsip ini sejak TK, maka ia dapat menjadi pribadi dengan karakter kuat. ”Sepuluh golden rules ini adalah hal dasar yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita. Bila orangtua dapat menerapkan sepuluh hal ini, saya optimis anak-anak akan memiliki kepribadian yang baik saat dewasa,” tulis Fulghum yang memiliki empat anak dan enam cucu tersebut.

Buku yang diterbitkan sejak 1988 ini telah dicetak lebih dari 17 juta eksemplar. Diterbitkan dalam 27 bahasa di 103 negara. (Yohan Rubiyantoro - Subdit Kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Foto: Fuji Rachman)