(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kebiasaan Menabung, Ajarkan Anak Mengelola Uang

Admin disdikpora | 17 Oktober 2017 | 802 kali

Cukupkah mengenalkan kebiasaan menabung pada anak-anak untuk menanamkan tentang bagaimana mengelola keuangan? Menurut Satria Hamid, Corporate Communication General Manager PT Trans Retail Indonesia, seperti dmuat di portal berita kontan.co.id. edisi Selasa, 17 Januari 2016, bukan cuma budaya menabung yang kudu ditanamkan ke anak-anaknya sejak dini, tapi juga berinvestasi.

Atas dasar itu,  Satria mengakui,  dirinya  sudah mengenalkan konsep investasi ke tiga anaknya sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Buat Satria, mengajarkan anak-anaknya berinvestasi sejak dini sangat penting. Ini juga jadi bagian dari melatih kemandirian dan pengembangan karakter mereka.

“Mulai sekolah dasar sudah bisa diajarkan, yang penting ada keterbukaan sehingga bisa lihat ketulusan dan potensi anak-anak kita,” kata ayah dari Daffalvie, Qaylila Humair, dan Darryl ini.

Namun, sebelum mengenalkan investasi, Satria lebih dulu melatih ketiga anaknya menabung dengan membuka rekening di bank untuk anak-anaknya. Lalu, ia memasukkan uang jajan bulanan mereka ke tabungan itu. Lewat tabungan ini, anak-anak Satria termotivasi untuk menyisihkan sebagian uang jajan bulanannya.

Selanjutnya, Satria mempercayakan pengelolaan keuangan yang ada di tabungan kepada anak-anaknya. Dengan begitu, ia berharap bisa mengajarkan mereka untuk peduli dengan kondisi keuangannya. Termasuk, anak-anaknya akan lebih bisa menghargai uang sekaligus proses pencarian duit.

“Tentu, saya tetap melakukan pendampingan. Caranya, bersama  istri mengadakan komunikasi terbuka dengan anak-anaknya, “ujarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar anak-anaknya kelak memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik.

Lebih dari itu, Satria bahkan sudah mengenalkan instrumen investasi kepada anaknya. Untuk tahap awal, ia mengikutsertakan anak-anaknya ke dalam produk asuransi berbalut investasi atawa unitlink.

“Saya cerita ke mereka, ini adalah unitlink dan ayah tiap bulan membayar sekian yang nanti uang itu akan berbiak,” ujar Satria. Yanuar Jatnika