(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kemampuan Berbahasa Asing dan Kecerdasan Anak

Admin disdikpora | 24 Oktober 2017 | 989 kali

Mengapa sekolah-sekolah di Australia mengajarkan  bahasa Indonesia ? Atau mengapa Kerajaan Arab Saudi mewajibkan siswanya untuk bisa berbahas Inggris? Mengapa bahasa asing sebaiknya diajarkan sedini mungkin. Benarkah kemampuan berbahasa asing akan meningkatkan kecerdasan anak?

Pertama, pandai berbahasa akan memungkinkan kita membaca banyak literatur keilmuan. Hampir 80% literatur teknologi ditulis dalam bahasa Inggris, karenanya Kerajaan Arab Saudi merasa perlu untuk mewajibkan siswanya menguasai bahasa Inggris.

Kedua, bahasa juga memungkinkan seseorang untuk bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagai bangsa. Orang akan lebih mudah berbaur di tempat asing, bila menguasai bahasanya.

Ketiga, belajar dua atau lebih bahasa asing akan melindungi otak dari penuaan dini, dimensia dan alzheimer. Alasan utamanya, karena kemampuan berbahasa membutuhkan tingkat konsentrasi yang lebih baik. Menguasai dua bahasa atau lebih berarti memiliki konsentrasi yang lebih baik dibanding hanya menguasai satu bahasa.

Keempat, melatih kreativitas, karena ketika menggunakan bahasa asing kita lebih memperhatikan struktur dan pemilihan kata. Kelima, orang yang menguasai dua bahasa cenderung membuat keputusan yang lebih rasional. Orang yang menggunakan bahasa asing seringkali menganalisa pertanyaan dengan lebih perlahan. (Diana Paramasari, peminat masalah pendidikan)