(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kemandirian Bisa Diajarkan dan Dibiasakan Sejak Bayi Usia 5 Bulan

Admin disdikpora | 23 Februari 2018 | 1511 kali

Percayalah, tak perlu menunggu anak Anda bisa bicara dan berjalan untuk mengajarkan kemandirian. Bahkan, saat anak anda masih bayi, yakni sekitar usia 5 bulan, sudah bisa mulai diajarkan sikap mandiri. Pahami, ada tanda-tanda pada tingkah laku bayi yang menunjukkan orang tua sudah mulai bisa diajarkan sikap mandiri.

Inilah tanda-tanda bayi sudah bisa diajarkan sikap mandiri:

  1. Sudah mampu menciptakan bunyi-bunyian dengan lidah dan bibirnya, seperti berdecak atau bergumam.
  2. Sudah sanggup merespons suara atau gerak di sekitarnya, misalnya dengan tertawa atau bergumam atau bahkan sampai membalikan badannya bila melihat sesuatu yang menarik
  3. Berusaha meraih benda-benda yang ada di sekitarnya
  4. Mulai bisa memperhatikan objek yang berjarak jauh
  5. Mulai sanggup merespons orang di sekitarnya, misalnya saat ada orang yang tersenyum atau bercanda kepadanya.
  6. Mulai mengulurkan tangannya saat ibunya menawarkan untuk menggendongnya.
  7. Mulai muncul ekspresi senang, kecewa, marah dan lainnya
  8. Mulai mencoba bertepuk tangan bila ada sesuatu yang menarik perhatiannya

 

Lantas, apa yang bisa dilakukan orang tua?

Lakukanlah…….

  1. Biasakan si bayi  melihat aneka warna dan suara
  2. Cobalah mulai meninggalkan bayi Anda. Sebelum Anda pergi meninggalkannya, pamitlah dan katakan dengan yakin bahwa Anda akan segera kembali. Jangan biasakan menipu anak dengan cara pergi diam-diam. Anda harus berusaha tetap kelihatan tenang dan percaya diri saat meninggalkan dia, bahkan meski dia menangis dengan kencang.
  3. Saat anak berusia tiga-empat bulan, biarkan bayi berlatih tengkurap. Biarkan bayi melakukannya sendiri, dan orang tua menyemangati dan berikan applaus saat anak berhasil tengkurap.
  4. Hal yang sama dapat dilakukan saat bayi berusia usia enam-tujuh bulan, saat belajar duduk serta pada usia 11-12 bulan, saat belajar berjalan. Saat dia belajar berjalan, taruh mainan di depannya lalu biarkan anak untuk berusaha mengambilnya sendiri. Saat makan, biarkan makan sendiri. Meski pasti berantakan, bayi akan dituntut untuk senantiasa mandiri.
  5. Biarkan  anak memilih makan sendiri di meja makan bersama kedua orang tuanya. Anak akan menirukan perilaku makan kedua orang tuanya. Dengan demikian mereka menjadi anak yang mandiri sejak usia dini.

Jangan remehkan kemampuan anak dan selalu besarkan hatinya bila merasa tak bisa lakukan sesuatu dengan sempurna, itulah hal pertama yang harus diperhatikan orangtua.