(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kiat Agar Anak Berprestasi di Sekolah

Admin disdikpora | 19 Oktober 2018 | 553 kali

Ayah-Bunda, pasti pernah merasakan dorongan kuat dari dalam diri untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Contohnya, sebelum adzan Subuh, Ayah-Bunda sudah bangun pagi-pagi. Bunda menyiapkan sarapan, Ayah membantu mempersiapkan seragam yang akan dipakai Ananda.

Ini merupakan contoh dorongan kuat yang ada di dalam diri Ayah-Bunda yang bisa disebut juga sebagai motivasi. Dalam contoh di atasa yang menjadi motivasi Ayah-Bunda adalah ingin menunjukkan kasih sayang kepada Ananda.

Tentunya Ayah-Bunda ingin ananda memiliki motivasi dalam mengerjakan sesuatu, terlebih dalam berprestasi di sekolah. Berikut beberapa kiat untuk menambah motivasi ananda untuk berprestasi di sekolah:

 

Menjalin komunikasi dengan guru kelas

Hari pertama masuk sekolah merupakan waktu yang paling tepat untuk menceritakan harapan-harapan Ayah-Bunda pada guru kelas anada. Mungkin juga Ayah-Bunda perlu menceritakan hal-hal lain, seperti riwayat medis ananda. Sepakati cara untuk bertukar informasi tentang perkembangan ananda. Di era digital saat ini banyak platform komunikasi yang dapat dimanfaatkan. Konsistenlah dalam berkomunikasi.

 

Mendukung program di sekolah ananda

Menghadiri acara pertemuan dengan guru kelas, kelas orangtua, kelas inspirasi, dan pentas kelas akhir tahun ajaran akan dapat menunjukkan kepada ananda bahwa pendidikan dan sekolah menjadi prioritas Ayah-Bunda. Jika Ayah-Bunda memiliki waktu dan memiliki sumber daya yang lebih, juga dapat mempertimbangkan menjadi sukarelawan di sekolah dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Menciptakan lingkungan rumah yang nyaman

Pastikan ananda memiliki tempat yang tenang, cukup terang untuk belajar. Minta ananda untuk memberitahu Ayah-Bunda persediaan yang ananda perlukan. Ayah-Bunda juga perlu mendampingi pada saat ananda mengerjakan pekerjaan rumah. Namun Ayah-Bunda perlu menghindari untuk mengerjakan PR ananda. Jika mengalami kesulitan mengerjakan pekerjaan rumahnya, lebih baik tulislah catatan untuk guru sehingga dapat menjelaskan masalah yang dihadapi ananda.

 

Tetap positif

Sebisa mungkin Ayah-Bunda secara konsisten menunjukkan sikap dan perkataan positif terhadap sekolah tempat ananda menimba ilmu. Misalnya, Ayah-Bunda dapat memberikan komentar positif seputar lingkungan sekolah, guru-guru, kepala sekolah, atau bahkan kegiatan ekstra kulikuler yang akan diikuti ananda. Dengan demikian Ayah-Bunda dapat menularkan sikap positif kepada ananda terhadap sekolah. Ananda akan merasa berada di tempat yang tepat untuk bersekolah.

 

Demikian kiat-kiat singkat untuk memotivasi ananda lebih berprestasi di sekolah. Semoga kita termotivasi untuk dapat menjalaninya ya Ayah-Bunda. (M Roland – Staf Subdit Orangtua Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemdikbud)