(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Manfaat Bermain Bola untuk Anak

Admin disdikpora | 14 November 2017 | 5466 kali

Pada umumnya anak-anak suka bermain bola. Bentuknya yang bulat dan mudah menggelinding membuat anak-anak suka memainkannya. Bermain bola bisa dilakukan dengan teman berpasangan, bisa juga dimainkan bersama tim (banyak teman).

Ada beberapa jenis bola untuk dimainkan oleh anak sesuai dengan jenis olahraganya, misal bola kecil untuk permainan bola tenis, bola besar untuk bermain olahraga bola volley dan sepak bola. Cara memainkan bola bisa dengan cara dilempar dan ditangkap, dilambungkan, ditendang dan sebagainya.

Sebagai orang tua sebaiknya tidak melarang anak untuk bermain bola. Banyak sekali manfaat yang dirasakan saat anak-anak kita bermain bola, antara lain adalah:

Pertama, bermain bola dapat menguatkan otot-otot bagian tubuh terutama tangan dan kaki. Permainan bola yang dapat menguatkan otot-otot tangan dan kaki dapat dilakukan dengan permainan melempar dan menangkap, melambungkan dan bola.

Kedua, bermain bola dapat melatih koordinasi antara mata, tangan dan kaki. Hal ini dapat dilihat saat anak bermain sepak bola. Mengejar bola yang disepak oleh teman lain lalu mencoba menendangnya ke arah gawang, secara otomatis telah melatih koordinasi antara mata, tangan dan kaki.

Ketiga, bermain bola juga dapat melatih bersosialisasi dengan teman-temannya. Misalnya dengan permainan sepak bola, anak-anak membuat regu dan saling bekerjasama untuk memasukkan bola ke dalam gawang.

Keempat, meningkatkan konsentrasi, saat anak menendang bola dan mencoba menggiringnya ke arah gawang, secara tidak langsung anak sedang berlatih konsentrasi dan otomatis konsentrasi anak akan meningkat.

Kelima, bermain bola akan membangun rasa percaya diri anak meningkat, apalagi bila anak dapat memainkan bola dengan baik dan diakui kehabatannya oleh orang lain.

Keenam, bermain bola dengan melatih anak untuk bisa menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan cepat, penuh perhitungan dan tepat. Terutama pada saat anak bermain sepak bola, anak akan bertindak dan cepat mengambil keputusan kepada siapa akan mengoper bola, akan di giring ke mana dan kepada siapa bolanya diberikan agar bisa sampai masuk pada gawang.

Ketujuh, bermain bola ternyata dapat menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit, seperti jantung, diabetes dan obesitas.

Kedelapan, bermain bola juga dapat memberikan kesenangan dan kebahagiaan. Saat anak bermain sepak bola dengan teman-temannya, anak akan merasa senang dan bahagia. Hal ini sangat berkesan untuk anak-anak, sehingga anak-anak selalu bersemangat saat memainkan bola.

Wah, ternyata bermain bola banyak sekali ya manfaatnya. Ayo tunggu apa lagi, ajak anak bermain sepak bola! (Siti Munfarijah – Pengelola TK Diponegoro 146 Kalibogor & Pegiat Literasi di TBM Mekar Ilmu)