(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Manfaat di Balik Permainan Ular Tangga dan Ludo

Admin disdikpora | 06 Agustus 2018 | 18566 kali

Ingat dengan permainan ular tangga dan ludo? Ya, permainan zaman dahulu yang tidak lekang oleh zaman. Permainan ini mudah dilakukan, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Masihkah permainan ini menjadi permainan favorit seperti zaman saya kecil.

Permainan ular tangga adalah permainan sederhana yang berbentuk kertas segi empat dengan aneka gambar yang disisipi ular atau tangga. Selain itu ada omor-nomor dari satu sampai seratus.

Permainan yang dapat dilakukan oleh dua sampai empat orang ini menurut beberapa pendapat berasal dari India. Permainan ular tangga ini pun dapat dimainkan dengan teknologi modern.

Kemenangan pemain ditentukan dari lemparan dadu yang terdiri dari titik-titik yang berjumlah satu sampai enam titik. Secara bergiliran pemain melempar dadu dan melangkahkan bidak sesuai jumlah titik yang tertera pada dadu.

Jika hitungan jatuh pada nomor yang tertera gambar tangga maka pemain berhak naik ke angka yang lebih tinggi mengikuti pucuk tangga. Sebaliknya, jika pemain menemukan hitungan terakhir pada gambar kepala ular ketika menghitung sesuai titik pada dadu, maka pemain turun ke bawah sampai pada ekor. Jika salah satu pemain telah sampai pada angka seratus lebih dahulu maka dialah yang menjadi pemenang.

Sedangkan ludo adalah permainan terbuat dari kertas atau papan segi empat yang mempunyai empat sisi kamar tempa tempat bidak ludo, masing-masing kamar terdiri dari empat titik sebagai tempat bidak. Permainan ludo ini dilakukan oleh dua sampai empat orang. Pemenang ditentukan oleh siapa yang lebih dahulu menyelesaikan perjalanan bidak mulai keluar area kotak milik sendiri sampai kembali ke ruang yang telah ditentukan.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari permainan ular tangga dan ludo:

Pertama, membantu menumbuhkan perkembangan bahasa anak

Komunikasi sederhana akan terjadi dalam kegiatan permainan ini. Interaksi antarpemain akan terjadi dengan sendirinya dengan ungkapan bahasa verbal sehingga dialog atau komunikasi sederhana bisa dibangun.

Kedua, melatih dan menumbuhkan kemampuan sosial emosional

Permainan ini melatih kesabaran anak dalam menunggu giliran dan mengasah kemampuan dalam bersosialisasi dengan teman-teman.

Ketiga, melatih kemampuan berpikir

Perkembangan kognisi akan tumbuh dan anak dilatih dapat menyelesaikan permasalahan sederhana.

Keempat, menambah kemampuan mengenal angka dan matematika sederhana

Permainan ludo dan ular tangga merupakan permainan yang didominasi angka dan gambar-gambar.

Kelima, melatih kemampuan dalam mengenal bentuk dan warna

Seperti segitiga, lingkaran dan segiempat.

Dengan kelima manfaat tersebut, maka bermain ular tangga dan ludo bisa menjadi salah satu kegiatan bermain yang diperkenalkan ke anak-anak kita sekarang ini. (Sikhah, Guru Taman Kanak-kanak Pertiwi Bobosan, Purwokerto Utara, Banyumas)