(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Manfaat Mengajak Anak ke Museum

Admin disdikpora | 21 Mei 2018 | 495 kali

 Apa rencana Anda untuk mengisi akhir pekan bersama anak? Cobalah mengunjungi museum terdekat. Banyak manfaat yang bisa anak dapatkan ketika mengunjungi museum, apa saja itu?

  1. Referensi Visual

Anak-anak mungkin belajar mengenai sejarah, geografi dan ilmu lainnya di sekolah melalui buku pelajaran mereka. Saat anak berkujung ke museum dan melihat sesuatu secara visual, maka ia akan mendapatkan pemahaman yang lebih.

  1. Menempatkan sesuatu dengan perspektif waktu

Anak-anak mungkin masih bingung dengan waktu dari berbagai peristiwa di dunia, baik itu sejarah, politik dan lainnya. Museum biasanya menggunakan grafik, angka dan sumber lainnya untuk menempatkan suatu peristiwa dunia dengan perspektif waktu. Ini pun akan membuat anak memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang sebuah peristiwa di dunia.

  1. Bisa melihat nuansa yang berbeda atau bahkan yang belum pernah dilihat anak sebelumnya

Museum adalah tempat yang baik untuk anak-anak mendapatkan nuansa dunia yang belum pernah mereka lihat. Misalnya, mereka bisa melihat fosil dinosaurus, koin-koin atau mata uang kuno dan sebagainya. Dengan ini, mereka bisa mempelajari kehidupan ratusan tahun sebelumnya.

  1. Untuk memancing imajinasi dan mendorong rasa ingin tahu

Dengan mengajak anak berkunjung ke museum, anak akan berpikir tentang bagaimana sebuah pesawat dapat bekerja dengan melihat replika pesawat. Mereka juga bisa langsung bertanya-tanya tentang apapun yang mereka lihat di museum. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa ingin tahu anak dan mereka menjadi kaya akan pengetahuan.

  1. Menambah teman dan berinteraksi dengan orang banyak.

Mengunjungi museum dapat menjadi kegiatan sosial yang mengubah pengalaman anak, misalnya berkunjung dengan kelompok keluarga atau saudara-saudara dan teman-temannya.

Anak bisa saling bertanya atau mengobrol dengan teman-teman sebayanya. Anak juga bisa mendapatkan teman baru ketika berkunjung ke museum.

  1. Melampaui bidang yang mereka minati

Ini maksudnya adalah museum dapat berperan penting dalam membantu anak-anak untuk mengetahui mereka. Misalnya, anak memiliki minat terhadap mumi mesir dan tak sengaja melihat transportasi kuno di sebelahnya. Itu bisa menjadi kemunculan ketertarikan minat baru mereka. (Bunga Kusuma Dewi/Sumber : kompas.com)