(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Masa Galau, Remaja Butuh Perhatian

Admin disdikpora | 12 Maret 2018 | 931 kali

APAKAH Anda orang tua yang memiliki anak yang memasuki usia remaja? Ingatkah Anda saat masa remaja dulu? Seperti halnya Anda disaat remaja, anak Anda yang sudah memasuki masa remaja, juga berada dalam fase hidup dan kehidupan yang sangat membutuhkan peran dan perhatian Anda selaku orang tua.
Waspadai fakta-fakta seputar remaja yang memerlukan kehadiran Anda sebagai orang tua.

Tergantung hape
Perhatikan, saat ini, dimanapun dan siapapun, remaja sangat gemar berkomunikasi lewat media sosial seperti facebook, twitter, path, BBM, dan sebagainya. Bagi remaja saat ini, mengirim sms dan chatting hampir seperti bernafas. Semua media komunikasi ini menjadikan mereka tidak lagi peduli dan tidak menyukai perhatian yang diberikan orang tua. Kini, bagi mereka, semua orang dewasa itu kuno dan ketinggalan zaman.

Apabila dilihat lebih dalam, percakapan remaja sering berisikan bagaimana hancurnya hari mereka, bagaimana mereka mengeluh tentang perlakukan orang tuanya. Mereka sebenarnya sangat rentan di dalam, meskipun terlihat kuat dan terkesan sombong dari luar. Mereka sebenarnya hanya menginginkan hal-hal yang berbeda, tapi tidak tahu bagaimana melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua sebenarnya memiliki peran penting untuk menanamkan hubungan dan aturan hidup yang jelas dan tidak abu-abu.

Malas makan
Susah makan merupakan krisis yang sangat umum terjadi pada remaja. Bagi remaja perempuan, seringkali masalah susah makan justru diasosiasikan dengan diet. Untuk para orang tua, persoalan remaja yang susah makan bukanlah sebuah masalah biasa. Ketika remaja susah makan, Anda harus sangat berhati-hati dan bahkan meminta pendapat profesional apabila diperlukan.

Mencontek
Dengan dukungan internet yang sangat kuat, remaja menjadi sangat rentan terhadap tindakan mencontek. Mereka berpikir bahwa suatu tindakan tidaklah melanggar hukum apabila tidak ketahuan. Mereka sama sekali tidak melihat kontradiksi ataupun sesuatu hal yang salah dari mencontek. Hal ini bukanlah hal sederhana; mencontek merupakan tindakan yang jauh dari moralitas yang sehat.