(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Menghadapi Anak Aktif Bertanya

Admin disdikpora | 09 Maret 2018 | 1004 kali

Jangan pernah anggap anak yang aktif bertanya sebagai anak yang bawel. Dibalik aktifnya itu, ada hal tersembunyi dari anak, apa saja itu;

1. Anak yang banyak bertanya menunjukkan anak yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hal itu juga menjadi salah satu tanda anak yang sehat dan pintar. Namun, orang tua juga harus memberitahu agar anaknya bisa bertanya pada saat yang tepat. Misalnya, anak jangan dulu bertanya saat ibunya sedang berbicara dengan temannya. Jadi orang tua mengajarkan pula pada anaknya untuk bertanya pada tempat dan waktu yang tepat.

2. Orang tua bisa mengukur kepintaran anak dari caranya bertanya. Semakin banyak anak melontarkan pertanyaan, orang tua bisa mengenal karakter anak sebenarnya.

3. Anak banyak bertanya juga menjadi cara untuk melatih komunikasi anak dan orang tua saat dewasa nanti. Bila sejak kecil anak sudah diminta berhenti bertanya atau bicara, maka ketika besar, saat orang tua membutuhkannya untuk bicara, anak justru tidak mau bicara atau bertanya. 
Hubungan yang hangat dan terbuka antara orang tua dan anak akan memudahkan komunikasi sehingga semua masalah dapat dibicarakan dengan perasaan wajar dan tidak malu-malu.

 

Apa saja yang harus disiapkan orang tua agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak. 
1. Orang tua harus banyak membaca untuk menambah pengetahuannya. Hal itu sangat berguna untuk bisa menjawab pertanyaan dari anak.

2. Orang tua harus bersikap sabar dalam menghadapi pertanyaan dari anak. Jangan sampai mematikan keinginan anak untuk bertanya hanya karena orang tua marah atau kesal saat anak mengajukan banyak pertanyaan. Hindari melabeli anak dengan kata bawel atau cerewet pada anak ketika mereka mulai banyak bertanya. (Bunga Kusuma Dewi)